Tata Kelola Pemerintahan Kota Kendari di Masa Pandemi dan Pasca Covid-19

Authors

  • M. Najib Husain Universitas Halu Oleo
  • Faturrahman Alpitra Universitas Halu Oleo
  • Muh Nasir Universitas Halu Oleo
  • Dewi Anggraini Universitas Halu Oleo

Abstract

Pemerintah daerah dituntut untuk melakukan dan menciptakan inovasi di masa
Pandemi Covid-19 terutama berkaitan dengan pelayanan publik, di masa Pandemi
covid-19 sangat dibutuhkan adanya inovasi pelayanan yang berbasis teknologi informasi
dan komunikasi yang tidak perlu dilakukan pelayanan tatap muka. Pemerintah Kota
Kendari melalui perangkat daerahnya telah membuat berbagai bentuk inovasi pelayanan
pemerintahan untuk tata kelola pemerintahan yang efektif sebagai upaya tetap
memberikan pelayanan Prima kepada masyarakat di Masa Pandemi Covid-19.
Berbagai inovasi layanan elektronik berbasis aplikasi yang terintegrasi telah
digunakan dalam menjalankan tata kelola pemerintahan yang transparan, efektif dan
efisien yang bertujuan memudahkan masyarakat mengakses layanan dan mendapatkan
pelayanan dari pemerintah. Beberapa layanan digital telah dikembangkan seperti aplikasi
Layanan Interaktif Kendari (Laika), Sistem Persuratan (Simper), Jaga Kendari (Jari),
Sistem Informatika dan Manajemen Data Pegawai (Si Mantap), Pajak Menyapa (Jakpa),
serta Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Seluruh aplikasi tersebut
telah tersemat dalam kendarikota.go.id.
Diharapkan inovasi pelayanan ini tidak hanya dimaksimalkan saat terjadi
pandemi covid-19 tetapi yang paling penting bagaimana mempertahankan pasca covid-19
karena saat ini kita sudah berada dalam tata kelola pemerintahan di era Revolusi Industri
4.0 dan akan menuju Society 5.0 Untuk itu dilakukan penelitian untuk mengetahui
bagaimana tata kelola pemerintahan berbasis teknologi komunikasi di Kota Kendari
ditengah pandemi dan pasca covid-19, dalam menuju Pelayanan di era Society 5.0
sebagai fokus utama pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan fokus pada OPD yang memberikan pelayanan kepada
masyarakat yaitu, RSUD Kota Kendari dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Kendari dan.
Kata Kunci : Tata Kelola Pemerintahan, Masa Pandemi dan Pasca Covid-19

References

Auliani, Palupi Annisa. 2019. AI, IoT, dan Tantangan Sektor Logistik di Era Revolusi

Industri 4.0. Kompas.com, 11 Februari 2019. Diakses

dari:https://ekonomi.kompas.com/read/2019/02/11/114445026/ai-iotdantantangan-

sektor-logistik-di-era-revolusi-industri-40?page=all,

Astuti, S. Y. W. (2005). Peluang dan tantangan penerapan egovernance dalam konteks

otonomi daerah. Jurnal Universitas Airlangga, 1(1), 1-14.

Adriwati. (2001) Bunga Rampai Wacana Administrasi Publik: Menguang Peluang dan

Tantangan Administrasi Publik, Yogyakarta, Graha Ilmu

Aprianty, Diah Rachma. (2016). Penerapan Kebijakan E-Government Dalam Peningkatan

Mutu Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Jurnal

Ilmu Pemerintahan. volume 4, no. 4

Cabinet Office Japan Government. 2019. Society 5.0. Diakses

dari:https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html,

Dash, Satyabrata, and Subhendu Kumar Pani. (2016). E-Governance Paradigm Using

Cloud Infrastructure: Benefits and Challenges.†Procedia Computer Science 85

Fukuyama, Mayumi. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-CenteredSociety.

Japan Economy Foundation Journal - Japan

SPOTLIGHT.https://www.jef.or.jp/journal/pdf/220th_Special_Article_02.pdf.

Portal SPBE Nasional. diakses dari https://spbe.go.id/tentang

Habibullah, Achmad. (2010). Kajian Pemanfaatan Dan Pengembangan EGovernment.

Jurnal Privat Law volume 23, no. 3 =rina, L. L. (2003). Indikator dan

Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi,dan Partisipasi. Jakarta: BPPD

Hargittai, E. & Hinnant, A. (2008). Digital inequality: di_erences in young adults’ use of

the internet. Communication Research, 35 (5), pp. 602-621.

Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. Iqtishaduna:

Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171-184.

Mc Kinsey & Company, (2019). Otomasi dan Masa Depan Pekerjaan di Indonesia,

diakases dari

https://www.mckinsey.com/~/media/mckinsey/featured%20insights/asia%20pacific/autom

ation%20and%20the%20future%20of%20work%20in%20indonesia/automationand-

the-future-of-work-in-indonesia-indonesian.pdf

Ulum, I. & Sofyani, H. (2016). Akuntansi (Sektor) Publik. Malang: Aditya Media

Publishing

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: CV. Andi

Miles, M.B., Huberman, A. M., & Saldaña, J., 2014. Qualitative Data Analysis: AMethods

Sourcebook. Washington DC.: Sage Publications, Inc.

Nakanishi, Hiroaki and Hiroaki Kitano. (2018). “Society 5.0 Co-Creating The Futureâ€.

Policy Proposals Industrial Technology, Keidanren (Japan Business Federation).

https://www.keidanren.or.jp/en/policy/2018/095.html.

Oktavya, Ayu Aditya. (2015) “Penerapan (Electronic Government) E-Government Pada

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang,â€

Jurnal Ilmu Pemerintahan volume 3, no. 3

Perserikatan Bangsa-Bangsa. (2016). United Nations E-Government Survey 2016: EGovernment

in Support of Sustainable Development. Diakses pada 25 Agustus

Terarsip dalam http://workspace .unpan. org / sites / Internet / Documents /

UNPAN97453.pd

Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. 2018. Jaringan 5G Pertama di Dunia Resmi Online.

Kompas.com, 2 Oktober 2018. Diakses dari

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/02/16060047/jaringan-5gpertama-didunia-

resmi-online,,

Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat Tinggal Revolusi

Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0 | Puspita | Prosiding Seminar

Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Retrieved April 28,

, from Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana UNiversitas PGRI

Palembang website: https://jurnal.univpgripalembang.

ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3794

Rahman, Adi Fida. 2019. Kapan Indonesia Bisa Nikmati 5G?. Detik.com, 1 Mei 2019.

Diakses dari: https://inet.detik.com/telecommunication/d4532282/kapanindonesia-

bisa-nikmati-5g

Sosiawan, E. A. (2015, June). Tantangan dan Hambatan dalam implementasi EGovernment

di Indonesia. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1,

No. 5).

Susartono. (2006). E-Government di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi Publik UNS,

Volume 2 No.1 April 2006

United Nations Development Programme, 1999, ‘Decentralization: A Sampling of

Definitions’, Joint UNDP-Government of Germany Evaluation of the UNDP Role

in Decentralization and Local Governance, Working Paper

Wibowo, Eddi, et.all . 2004. Memahami Good Government Governance & Good

Corporate Governance. Yogyakarta, YPAPI

Undang-Undang/Peraturan

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2001 tentang Telematika

(Telekomunikasi, Media dan Informatika)

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan

Strategi Nasional Pengembangan Electronic Government

Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Downloads

Published

2021-08-31