Humanisasi Pendidikan dalam Perspektif Islam
Abstract
Artikel ini bertujuan mendeskripsikan salah satu karakteristikpendidikan dalam Islam, humanis. Merekonstruksi pendidikanhumanis atau humanisasi pendidikan merupakan keharusan,terutama bagi setiap pelaku pendidikan di Indonesia. Terlebih,potret buram pendidikan masih terus membayangi dan menghantuidalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam aksi kekerasan dantawuran antar remaja/siswa bisa jadi justifikasi atas opini ini.Pendidikan tidak lagi berorientasi bagaimana membentuk insanyang seutuhnya tapi lebih berorientasi bagaimana meraih materisebanyak-banyaknya. Sehingga tanpa sadar, manusia menjadisumber eksploitasi dari pendidikan itu sendiri. Dengan kata lain,telah terjadi dehumanisasi. Padahal seharusnya pendidikan adalahmemanusiakan manusia sesuai dengan kodratnya. Yaitu manusia yang mempunyai derajat yang tinggi dan mulia (aḥsani taqwīm).
Kata Kunci: humanisasi, dehumanisasi, pendidikan, hominisasi,Islam
Downloads
Published
Issue
Section
License
he copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original. ________ *) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.