IMPLEMENTASI P5PPRA PADA KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH ALIYAH NAHJATUS SHOLIHIN
Abstract
The independent curriculum shows a deep transformation in the world of education. This curriculum encourages students to be able to innovate, be creative and be independent in learning. The superior concept in the independent curriculum, namely P5PPRA, is expected to be able to produce students who are not only broad-minded but also have high morals and religious moderation. This research aims to describe the implementation of P5PPRA in the independent curriculum at Madrasah Aliyah Nahjatus Sholihin in class The research method used is descriptive qualitative. Data sources come from observations, interviews and documentation. The results of this research show that students are able to design the process for selecting the chairman and vice chairman of the OSIS at Madrasah Aliyah Nahjatus Sholihin and prepare all the requirements during the selection of candidates for chairman and vice chairman of the OSIS well and completely. Students are able to apply the P5PPRA principles during this activity.
Keyword: Independent Curriculum, Pancasila Democracy
Abstrak
Kurikulum merdeka menunjukkan transformasi yang mendalam pada dunia pendidikan. Kurikulum ini mendorong peserta didik untuk mampu berinovasi, berkreasi dan mandiri dalam belajar. Konsep unggulan pada kurikulum merdeka yaitu P5PPRA diharapkan mampu mencetak peserta didik yang tidak hanya berwawasan luas tetapi juga mempunyai moral yang tinggi dan moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi P5PPRA pada kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Nahjatus Sholihin pada kelas X dengan tema demokrasi pancasila dan hasil produk berupa pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dan juga untuk mengetahui tercapainya tujuan dari P5PPRA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik mampu merancang alur pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS di Madrasah Aliyah Nahjatus Sholihin dan menyiapkan seluruh keperluan selama penjaringan kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS dengan baik dan lengkap peserta didik mampu menerapkan prinsip-prinsip P5PPRA selama kegiatan ini berlangsung.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Demokrasi Pancasila, P5PPRA