KONSTRUKSI PENDIDIKAN KARAKTER PAUD INKLUSI (Kajian di TK Pedagogia UNY dan TK Islam Pelangi Anak Yogyakarta)
Abstract
Character education must be instilled in early childhood, apart from physical education, children also need spiritual education. Considering the importance of the role of character in the life of individuals and society, to make this happen is no other than placing character education as the most important basic factor. This research aims to analyze the depth of early childhood character education in inclusive PAUD in Yogyakarta City. This research is field research with the nature of qualitative descriptive research. The results of the research show that in the implementation of inclusive PAUD character education there are 3 levels of education, namely the implementation of first level inclusive PAUD character education (First Level Inklusi), middle level inclusion (Middle Level Inklusi) and top level inclusion (Top Level Inklusi). Top Level Inclusion level PAUD character education (Top Level Inclusion) in the content standards has local institutional content which contains character education, PTK standards have professional accompanying teachers who focus on aspects of the teacher's personality, and in infrastructure standards there are facilities and infrastructure intended for ABK children which are accessible for all children. The implementation of early childhood character education in Yogyakarta City only touches on 2 levels of education, namely the implementation of first level inclusive PAUD character education and middle level inclusion.
Keywords: Inclusion, Character, PAUD
Abstrak
Pendidikan karakter wajib ditanamkan pada anak usia dini, di samping pendidikan jasmani anak juga membutuhkan pendidikan rohani. Mengingat pentingnya peranan karakter bagi tata kehidupan perseorangan maupun masyarakat, maka untuk mewujudkannya tidak lain hanyalah dengan menempatkan pendidikan karakter sebagai faktor dasar yang paling penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kedalaman pendidikan karakter anak usia dini pada PAUD inklusi di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pendidikan karakter PAUD inklusi terdapat 3 level pendidikan, yaitu pelaksanaan pendidikan karakter PAUD inklusi tingkat pertama (First Level Inklusi), inklusi tingkat menegah (Middle Level Inklusi) dan inklusi tingkat atas (Top Level Inklusi). Pendidikan karakter PAUD level inklusi tingkat atas (Top Level Inklusi) pada standar isi terdapat muatan lokal lembaga yang memuat tentang pendidikan karakter, standar PTK terdapat guru pendamping yang profesional yang nenekankan pada aspek kepribadian guru, serta pada standar sarpras terdapat sarana dan prasarana yang diperuntukan untuk anak ABK yang bersifat Aksesible bagi seluruh anak. Pada pelaksanaan pendidikan karakter anak usia dini di Kota Yogyakarta hanya menyentuh pada 2 level pendidikan, yaitu pelaksanaan pendidikan karakter PAUD inklusi tingkat pertama dan inklusi tingkat menengah.
Kata Kunci: Inklusi, Karakter, PAUD