DAMPAK PENERAPAN PROGRAM LIMA HARI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMK NEGERI 1 KALASAN
Abstract
This study aims to determine the impact of implementing the five-day school program at SMK N 1 Kalasan. The research data was collected through interviews, observation, and documentation. The data that has been obtained is then analyzed by reduction, display, and concluding. The results of this study indicate that the implementation of the five-day school program has a positive impact on the pedagogic competence of PAI teachers, namely increasing teacher creativity in developing learning strategies, implementing learning can be carried out better, and assessing student attitudes can be carried out optimally. While the negative impact caused by the implementation of the five-day school program is only temporary, namely at the beginning of the adaptation, teachers and students experience fatigue and learning becomes less conducive.
Keyword: Five schools day programme, teacher pedagogical competence
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan program lima hari sekolah di SMK N 1 Kalasan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program lima hari sekolah memberikan dampak positif terhadap kompetensi pedagogik guru PAI, yakni meningkatkan kreativitas guru dalam menyusun strategi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih baik, penilaian sikap siswa dapat dilaksanakan dengan maksimal. Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan oleh penerapan program  lima hari sekolah hanya bersifat temporer yakni pada awal adaptasinya guru maupun siswa mengalami kelelahan dan pembelajaran menjadi kurang kondusif.
Kata Kunci: program lima hari sekolah, kompetensi pedagogik guru.