EFEKTIFITAS METODE MONTESSORI THREE PERIOD LESSON DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USI DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode montessori three preiod lesson dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini yang dilakukan pada kelompok belajar di Laboratorium Pendidikan Islam Anak Usia Dini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ihsanul Fikri Magelang dengan peserta didik sebanyak 15 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan pemahaman kosakata baru sebanyak 63% di siklus pertama dari sebelumnya hanya 41% di Pra- siklus. Peningkatan kembali terjadi di siklus 2 sebanyak 87%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode montessori Three Preiod Lesson sangat efektif dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris pada peserta didik anak usia dini pada Laboratorium PIAUD Sekolah TInggi Ilmu Tarbiyah Ihsanul Fikri Magelang.
Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Kosakata Bahasa Inggris, Three Period Lesson
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of the Montessori three preiod lesson method in increasing English vocabulary in toddler which was carried out in study groups at PIAUD Laboratory STIT Ihsanul Fikri Magelang with total students is 15 toddler. This type of research is Classroom Action Research (CAR) with a qualitative descriptive approach. Meanwhile, data collection techniques in this study consisted of observation, tests, and documentation. This study used 2 cycles where each cycle included planning, implementing, observing, and reflecting. The results of this study indicated that students experienced an increase in their understanding of new vocabulary by as much as 63% in the first cycle, from 41% in Pra- cycle. The increased also happened in cycle 2 wich 87% increased. Therefore, it can be concluded that the use of the Montessori Three Preiod Lesson method is very effective in increasing English vocabulary in toddler students at the PIAUD Laboratory of Tarbiyah Ihsanul Fikri High School Science Magelang.
Keywords: Education for Toddler, English Vocabulary, Three period lesson