OPTIMALISASI MICROSOFT POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA
Abstract
Salah satu inovasi baru teknologi digital dalam media pembelajaran, semacam Microsoft Power Point, timbul akibat dari kemajuan teknologi di masa society 5.0. Inovasi ini sudah menolong manusia untuk kurangi beban kerja mereka. Microsoft PowerPoint merupakan program PC guna membuat presentasi yang menggambarkan bagian dari paket aplikasi perkantoran Microsoft. Guru mendapati hambatan baru dikala mengkombinasikan media dari Microsoft PowerPoint ke dalam pengajaran. Guru Pendidikan Agama Islam wajib dipersiapkan guna sanggup berpikir kritis, kreatif, serta bersaing dalam bidang teknologi pembelajaran yang hendak digunakan dalam aktivitas pendidikan dalam rangka menggali permasalahan generasi industri 5.0. Studi ini diharapkan bisa mendeskripsikan pemakaian Microsoft PowerPoint dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 6 Surakarta. Dengan menggunakan prosedur fenomenologis pada saat mengadakan studi kualitatif. Observasi serta wawancara dengan 3 guru Pendidikan Agama Islam digunakan sebagai langkah pengumpulan data dalam penelitian. Kesimpulan akhir dari studi ini yakni pemanfaatan Microsoft PowerPoint mempunyai aspek pendukung serta penghambat pada jalannya pembelajaran. Meskipun begitu efektitivitas dari inovasi pembelajaran tersebut tetap berpengaruh besar memberikan kontribusi positif pada media pembelajaran.
Kata kunci : Microsoft PowerPoint, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.