PERANAN TOKOH AGAMA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KLATEN

Authors

  • Muriyanto Muriyanto Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Klaten

Abstract

Most of the residents of Gaswangi hamlet can be said to lack religious experience, for example, most of the Muslims in Gaswangi hamlet do not perform the five daily prayers, as evidenced by the condition of the mosque which can be said to be devoid of congregational prayers, some residents in Gaswangi hamlet also There are still many who cannot read the Koran fluently, especially the elderly and there are still many women who do not wear the hijab. The author wants to know the implementation of the values of Islamic religious education and wants to know the role of religious figures in implementing the values of Islamic education in Klaten Regency. The research that the author uses in collecting data is observation, documentation and interview. Meanwhile, data analysis uses interactive analysis. Research shows that the implementation of Islamic Religious Education values in Klaten Regency. That some people have not practiced Islamic beliefs properly, some people still carry out activities that are not in accordance with Islamic teachings. There are still morals that are not in accordance with Islamic morals for social relations and muamalah is working well. Religious figures provide religious guidance by providing an understanding of the correct teachings of Islam in society, namely through continuous encouragement to goodness and preventing evil.

Keywords: Islamic religious figures, implementation of Islamic religious values

Abstrak

Sebagian besar masyarakat  dukuh Gaswangi dapat dikatakan kurang dalam pengalaman agama, sebagai contoh sebagian besar umat Islam dukuh Gaswangi banyak yang tidak melaksanakan sholat  lima waktu, terbukti dengan kondisi masjid dapat dikatakan sepi dari sholat jama’ah, sebagian warga di dukuh Gaswangi juga masih banyak yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar terutama para orang tua dan masih banyaknya kaum wanita yang belum berjilbab. Penulis ingin mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dan ingin mengetahui peran tokoh agama dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam di Kabupaten Klaten. Penelitian yang penulis gunakan dalam pengumpulan data adalah Observasi, dokumentasi dan inteview. Sedangkan analisa datanya menggunakan analisa interaktif. Penelitian menunjukkan bahwa Implememtasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Klaten. Bahwa sebagian masyarakatnya belum mengamalkan aqidah Islam dengan benar, sebagian masyarakat masih melakukan kegiatan yang belum sesuai dengan ajaran Islam. akhlak masih ada akhlak yang belum sesuai dengan akhlak Islami untuk hubungan kemasyarakatan dan muamalah sudah berjalan baik. Tokoh agama mengadakan pembinaan sesuai keagamaan dengan memberikan pemahaman tentang ajaran Islam yang benar dalam masyarakat yaitu melalui ajakan yang kontinyu kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Kata Kunci: Tokoh Agama Islam, Implementasi Nilai Agama Islam

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles