ADAPTASI DAN INOVASI PENDIDIKAN MASYARAKAT BERBASIS KOMUNITAS

Authors

  • Musyaf Ali Universitas Nahdlotul Ulama Purwokerto

Abstract

Every change and development requires adaptation and innovation, it is an absolute thing that must exist and must occur in order to be part of that change. Education is one of the sectors that continues to change and develop, therefore education sector actors must be able to adapt and innovate. The purpose of this study is to find out how a community-based educational institution adapts and innovates in the midst of the times. This research is a qualitative research using a phenomenological approach. This research was conducted in PKBM Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto. Data collection is carried out by interview, observation, and documentation techniques. Data analysis is carried out by means of data reduction, data presentation, data verification and conclusions. The results of this study show that the form of adaptation carried out is in the form of adaptation by following and adjusting various policies made by the government and related agencies, adaptation to the internal or external conditions of PKBM itself and adaptation to the surrounding community environment PKBM. The forms of innovation carried out by PKBM include, namely, in learning activities, namely offline online learning activities, cooperation with Islamic boarding schools, morning and evening learning hours, learning model innovation, and project-based learning.

Keywords: Adaptation, Innovation, Community Education, Community.

Abstrak

Setiap perubahan dan perkembangan menghendaki adanya adaptasi dan inovasi, hal tersebut merupakan hal mutlak yang harus ada dan harus terjadi agar dapat menjadi bagian dari perubahan tersebut. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang terus berubah dan berkembang, oleh karenanya pelaku sektor pendidikan harus mampu beradaptasi dan berinovasi. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana sebuah lembaga pendidikan berbasis masyarakat beradaptasi dan berinovasi ditengah perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di PKBM Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukana bahwasanya bentuk adaptasi yang dilakukan berupa adaptasi dengancara mengikuti dan menyesuaikan berbagai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan dinas tterkait, adaptasi dengan keadaan internal ataupun eksternal PKBM itu sendiri serta adaptasi dengan lingkungan masyarakat disekitar PKBM. Adapun bentuk inovasi yang dilakukan oleh PKBM diantaranya yakni, dalam kegiatan pembelajaran yakni adanya kegiatan belajar daring luring, Kerjasama dengan pondok pesantren, jam belajar pagi dan malam, inovasi model belajar, dan pembelajaran berbasis proyek.

Kata kunci: Adaptasi, Inovasi, Pendidikan Masyarakat, Komunitas.

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles