STRATEGI GURU DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV
Abstract
In the process of learning science, the strategy used is still not optimal, which is characterized by students paying less attention when the teacher explains the material, low interest in learning and decreased student learning outcomes. This study aims to obtain more in-depth information about how the teacher's strategy in utilizing the surrounding environment as a learning resource in science subjects in class IV MI Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen and find out the supporting and inhibiting factors of utilizing the surrounding environment as a learning resource. This research is a qualitative research. The subject of this research is the fourth grade science teacher MI Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak. From the results of the study it can be concluded that: (1) Science teachers in grade IV MI Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak have tried to utilize the environment around the school as a learning resource. (2) Learning by taking students outside the classroom provides many conveniences for teachers, students focus on observing new things, students are stimulated to actively ask questions and discussions, learning is more fun and students enjoy it, and nature becomes a medium of learning. (3) The supporting factors are, the environment is still cool, beautiful, students are more enthusiastic and interested. The inhibiting factors are the changeable weather, and in conditioning students when outside the classroom.
Keywords: Teacher Strategy, Utilization of the Surrounding Environment, Learning Resources, Science
Â
AbstrakÂ
Dalam proses pembelajaran IPA strategi yang digunakan masih belum maksimal, yang ditandai dengan peserta didik kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan materi, minat belajar yang masih rendah serta hasil belajar peserta didik menurun. Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi lebih mendalam mengenai bagaimana strategi guru dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPA kelas IV MI Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Guru IPA kelas IV MI Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak sudah berupaya memanfaatkan IV lingkungan yang ada disekitar sekolah sebagai sumber pembelajaran. (2) Belajar dengan membawa siswa ke luar kelas banyak memberi kemudahan bagi guru, siswa fokus mengamati hal baru, siswa terstimulus untuk aktif bertanya dan diskusi, pembelajaran lebih asyik dan siswa menikmati itu, serta alam menjadi media pembelajaran. (3) Faktor pendukungnya itu, lingkungan yang masih sejuk, asri, siswa lebih antusias dan tertarik. Faktor penghambatan yakni, cuaca yang berubah-ubah, dan dalam mengkondisikan siswa ketika di luar kelas.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pemanfaatan Lingkungan Sekitar, Sumber Belajar, IPAReferences
Afandi, Rifki, Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau.Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 2013
Anisah, Aan, Pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, Vol 18, no. 3 (2017)
Arikunto, Suharsimi, dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara,2007
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Yoyakarta:Rineka Cipta, 2006.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka, 2010.
Artikel, 2018.
Asrori, Mohammad, Pengertian tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran, Madrasah: Jurnal Pendidikan dan pembelajaran dasar, Volume 05, No.02, Januari-Juni 2013.
Barlian, Ikbal, Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru? Forum Sosial, 6(1), 2013. ISSN 1972-8681
Chrislando, Afan, Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Pepatudzu, Vol. 15, No. 1 Mei 2019.
Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2016.
Dwi, Eka Aprilia & Farnidah, Rifdah, Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran.
Farda, Ummu Jauharin, dkk, Validitas Pengembangan Bahan Ajar IPA bervisi sets, Journal of Primary Education, JPE 5 (1) (2016).
Fata, Abuya, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002) Fatoni, dkk, Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI. Solo: CV.
Hafid, Abd, Sumber dan Media Pembelajaran. Sulesaana: Jurnal Wawasan Keislaman,
Hamalik, Oemar, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Edisi Ke-2, Bandung: Penerbit Tarsito,2016.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2013. Hamid, Abdul, Guru Profesional, Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol 17, no. 2, (2017)
Hamruni, strategi pembelajaran, Yogyakarta:Insan Madani, 2012.
Hamzah, Mohammad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.
Hamzah, Mohammad. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Hasyim, Mohammad Afifullah, Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 2019.
Hidayat, Muthar S, Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2), 2012.
Ifrianti, Syofnida & Emilia, Yesti, Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III MIN 10 Bandar Lampung. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 2016.
Jihad, Asep & Harris, Abdul, Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo, 2013
Jurnal Pendidikan islam. Volume 17 No.1 (2019).
Khakim, dkk., Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD 1 Peganjaran Kudus. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 2015.
Khanifah, Sri, dkk., “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa†Journal of Biology Education, 1(1).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara, 2012. Lestari, Putu Indah & Prima, Elisabeth, Peran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bangsa Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1). 2020.
Lukman, kepala sekolah MI Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak, Wawancara, selasa tanggal 15 Maret 2023 Pukul 11.00 – 12.00 WIB
M.Taufiq, Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan temaâ€konservasi†berpendekatan science-edutainment:Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 3, No 2 (2014).
Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya, 2013. Margono, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Moh. Miftahul Choiri, “Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak†Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 2017.
Muakhirin, Binti, Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran inkuiri pada siswa SD, Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, No 1 Mei 2014.
Mulyono, Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran Di Abad Global, Cet. 2. Malang: UIN MALIKI PRESS, 2012.
Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif , Bandung: Thersito, 2003. Nasution, Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta:Bumi Aksara,2004.
Periyanti, Nurul, “Strategi Guru dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyyah Nurul Huda 1 Kedungkandang Malangâ€, Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2017
Rohani, Ahmad, Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT Renika Cipta. 2007. Rusman, Model-model Pembelajaran, cet. 5, Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2012
Safei, Muh, Media Pembelajaran Pengertian Pengembangan dan Aplikasinya, Cet.1; Alauddin University Press, 2011.
Salea, Adeela, “Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa DI Narawit Islam School Narathiwat Thailand Pada Tahun Pembelajaran 2016/2017†Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islm, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
Sindunata, 2012.
Sugiyono , Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabetta, 2006.
Sugiyono, Metode Penelitian (Bandung: Alfabeta 2014).
Suharsimi, Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:Rineka Cipta, 2006.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Supriadi, Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 2015.
Suryadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Susanto, Ahmad, Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar, Jakarta:Kencana, 2013.
Tamara, Riana Monalisa, Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur.Jurnal Geografi GEA, 16(1), 2016.
Trianto, Model Pembelajaran IPA, Surabaya : Ikrar Mandiri abadi.2012.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam 6(2), 2011.
Trismayanti, Suci, Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik.
Ulfa, Fitria, “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN Kota Kediri 3, Jurusan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2014â€.
Uno, Hamzah B & Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.