MODEL PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SUKU SAMIN DI DUSUN KARANGPACE DESA KLOPODUWUR KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA
Abstract
Child character education model is very important in realizing child character education. These models include habituation models, oral and behavioral education models, exemplary models, models of scaring children and traditional game models. The purpose of this study was to explore how the character education model of the Samin tribe children in Karangpace hamlet. The research method is qualitative. Data collection techniques are interviews, observation, documentation. Data analysis techniques use data reduction, data presentation and conclusion drawing. While the technique of checking the validity of data using triangulation. The results showed that: several models applied by parents and sedulur sikep to their children, including: habituation model, oral and behavioral education model, exemplary model, model of scaring children (digiri), traditional game model.
Keywords: Character Education Model, Samin Tribe Children
Â
Abstrak
Model Pendidikan karakter anak sangat penting dalam mewujudkan Pendidikan karakter anak. Model-model tersebut diantaranya adalah model pembiasaan, model Pendidikan lisan dan laku, model keteladanan, model menakut-nakuti anak dan model permainan tradisional. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi bagaimana model pendidikan karakter anak suku samin di dusun Karangpace. Metode penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Sedangkan Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: beberapa model yang diterapkan oleh orang tua maupun sedulur sikep kepada anak-anaknya, antara lain yaitu: model pembiasaan, model pendidikan lisan dan laku, model keteladanan, model menakut-nakuti anak (digiri), model permainan tradisional.
Kata Kunci: Model Pendidikan Karakter, Anak Suku Samin
References
Afid Burhanuddin, Mukodi, Pendidikan Samin Surosentiko, Yogyakarta:Lentera Kreasindo, 2015.
Amri Syafri, Ulil, Pedidikan Karakter Berbasis Al Qur’an, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed. Rev., cet. 14,Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Chita Putri Harahap, Ade Character Bulding Pendidikan Karakter, JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, vol.9 (1), edisi Januari-Juni 2019.
Djamal, M., Paradigma Penelitian Kualitatif, cet II, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Fauzia, Amelia, Yohanis F. La Kahija, Arti Memelihara Tradisi pada suku SaminInterpretative Phenomenological Analysis, JURNAL EMPATI, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, volume 8 (1), 2019.
Ghozali Masykur, Imam et.all. “Al Mumayyaz, Al Qur’an tajwid warna transliterasi per kata terjemahan per kata†Jawa Barat: Cipta Bagus Segara,
Gulo, W., Metodologi Penelitian, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002.
Gunarsa, Singgih, Yulia Singgih D. Gunarsa, Psikologi perkembangan anak dan remaja, Cet 13, Jakarta: Gunung Mulia, 2008.
Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Hapsari, Widyaning, dan Itsna Iftayani, Model Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Program Islamic Habituation, JURNAL INDIGENOUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO, Volume 1 (2),2016.
Isna Aunillah, Nurla, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Jakarta: Laksana, 2011.
J. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993.
J.R, Raco, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulan, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.
Jauhari Muchtar, Heri, Fiqih Pendidikan, cet. 3, Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2012.
Kirom, Syahrul Etika Samin: Suatu Kajian Filsafat Nusantaraâ€, Vol. 22, hlm. 2-3.
Lickona, Thomas, Mendidik untuk Membentuk Karakter, terjemahan J.A. Wamaungo, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Lutfiana Sugianti, Helwa, Pelaksanaan Pendidikan Nasionalisme dan Karakter Bangsa pada Peserta Didik di SMA Negeri Ngluwar Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang (Skripsi), Semarang: Fakultas Ilmu Sosial, UNNES, 2017.
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian, edisi VI, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2011.
Nadqir, Moh., Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1999.
Omeri, Nopan, Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan, Jurnal Manajer Pendidikan, volume 9 (3), 3 Juli 2015.
Poerwadarminta, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka: Amirko, 1984.
Ratnawati, Ila Pendidikan Agama pada Anak Sedulur Sikep di Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora (Skripsi), Semarang: Fakultas Agama Islam, 2020.
Saidah, Pengantar Pendidikan (Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Sakho Muhammad, Ahsin, Qur’an Aisyah, Bandung: CV Jabal Raudhotul Jannah, 2010.
Sri P, Indah, dan Puji Lestari, Masyarakat Samin Ditinjau dari Sejarah dan Nilai- nilai Pendidikan Karakter, Jurnal Istoria Pendidikan Sejarah , Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, Volume 13 (1), September 2017.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.
Teguh Prasetyo, Dimas, Pengaruh Pendidikan Karakter Nasionalisme dalam Keluarga terhadap Karakter Nasionalisme Anak pada Keluarga Buruh Migran Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Skripsi), Jakarta: Fakultas Teknik, 2016.