PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS VI
Abstract
This study aims to improve and increase student activity and the ability to understand the content of reading through learning outcomes by using the Mind mapping method in Indonesian language subjects in class VI A MI Husnul Khatimah Semarang. This class action research consists of two cycles by adopting the theory of Kemmis and Mc. Taggart model theory. Data collection techniques used observation sheets and tests, while data analysis techniques used Descriptive Analysis. The results showed a significant increase in student activeness and learning outcomes, namely: (1) Pre-cycle results 48% (Less), became sufficient in cycle 1 meeting 1 with a percentage of 61%, then rose to a good category in cycle 1 meeting 2 with a percentage of 72%, in cycle 2 meeting 1 remained in the good category but with an increasing percentage of 82%, then cycle 2 meeting 2 increased again percentage 87% with a very good category. (2) The application of the Mind Mapping method can maximize and improve student learning outcomes. Likewise, the completeness also experienced a significant increase, from pre-cycle 29.0% rose to 64.5% in cycle 1 and at the end of cycle 2 to 87.1%.
Keywords: Improvement, Student Activity, Reading Comprehension, Mind Mapping Method
Â
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas siswa dan kemampuan memahami isi bacaan melalui hasil belajar dengan menggunakan metode Mind mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI A MI Husnul Khatimah Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan mengadopsi teori model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan test, sedangkan teknik analisa data menggunakan Analisa Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar yang signifikan, yaitu: (1) Hasil pra siklus 48% (Kurang), menjadi cukup pada siklus 1 pertemuan 1 dengan prosentase 61%, kemudian naik pada kategori baik pada siklus 1 pertemuan 2 dengan prosentase 72%, pada siklus 2 pertemuan 1 tetap pada kategori baik tetapi dengan prosentase yang meningkat yaitu 82%, kemudian siklus 2 pertemuan 2 meningkat lagi prosentase 87% dengan kategori baik sekali. (2) Penerapan metode Mind Mapping dapat memaksimalkan serta meningkatkan hasil belajar siswa. Demikian juga dengan ketuntasan juga mengalami peningkatan yang signifikan, mulai pra siklus 29,0% naik menjadi 64,5% di siklus 1 dan di akhir siklus 2 menjadi 87,1%.
Kata Kunci: Peningkatan, Aktivitas Siswa, Pemahaman Isi Bacaan, Metode Mind Mapping.
References
Afandi, Muhamad, Evi Chamalah dan Oktariana Puspita Wardani, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press, 2013.
Ahmad. 2021. Cerita Nonfiksi: Pengertian, Ciri, Bentuk, Jenis, Cara Membuat dan Contoh. Diambil dari: https://www.gramedia.com/literasi/ceritanonfiksi/ (14 Juni 2023)
Ahyar, Fitria, Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Sekolah Dasar, Yogyakarta: Textium, 2017.
Al-Jarf, Reima. 2011. Teaching Spelling Skills with a Mind-mapping Software. Asian EFL Journal Professional Teaching Articles Vol. 53. Diambil dari: https://www.asian-efl-journal.com/ (6 Maret 2023).
Anuggraini, Andiaz, dkk., 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada materi Teks Nonfiksi dengan Metode Mind mapping. Diambil dari: http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id. (2 Januari 2023)
Anwar, Nurhikmah, Penerapan Metode Mind mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SDIP As-Sunnah Makassar (Skripsi), Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar, 2021.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Aziz, Umi Afifatul. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mind mapping dalam Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-sifat Benda untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III MI Roudlatul Athfal Gunung Pati (Skripsi), Semarang: Fakultal Agama Islam Universitas Wahid Hasyim.
Azmi, Ilma Alfiyyah, Pengaruh Penggunaan Metode Mind mapping Terhadap Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Kelas V di MIS Hayatul Islamiyah Cinangka (Skripsi), Jakarta: Fakulas Ilmu Tarbiyyah dan keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2022.
Buzan, T, Buzan’s Study Skill: Mind Maps, Memory Techniques, Speed Reading, BBC Active, 2011. Buzan, T., Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia, 2006.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Haryanti, Tri, Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VB MI Husnul Khatimah Tembalang (Skripsi), Semarang: Fakultas Agama Islam Unwahas, 2022.
Hebriya, Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Metode SQ3R Peserta Didik Kelas V SDN 2 Bedudu Lampung Barat (Skripsi), Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, 2021.
Herlinyanto, Membaca Pemahaman dengan Strategi KWL (Pemahaman dan Minat Membaca), Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019.
Hidayah, Nurul, dan Fiki Hermansyah. 2018. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 3, No. 2. Diambil dari: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1190/216 8. (14 Juni 2023) Hikmawati, Fenti, Metodologi Penelitian. Depok: PT. Rajagrafindo Persada, 2017.
Ikayanti, Krisna. 2020. Kemampuan Memahami Isi Bacaan, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Di Kabupaten Pasuruan. Journal of Education Management and Learning. Vol 3 Number 1 2020. Diambil dari: http://journal.unigres.ac.id/index.php/jemal/article/view/1510. (30 Januari 2023) Kinoysan, Ari, Jadi Penulis Nonfiksi? Gampang Kok!, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2016.
Kurniati, Erisa. 2017. Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Diambil dari: http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/401/368 Vol 17, (3) (3 Januari 2023) Lapis PGMI. Penelitian Tindakan Kelas, Surabaya: Aprinta, 2015.
Lufri, Dkk., Metodologi Pembelajaran. t.t.; IRDH Book Publisher, 2020.
Margano, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004. Meliyawati, Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama, 2016.
Moleong, Lexy j., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Olivia, Femi, 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah, Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2014. Purwoko, Susi, Buku Pintar Mind Map, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Putriani, Refian. 2022. Penerapan strategi Mind mapping dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan memecahkan masalah mata pelajaran IPS siswa kelas V MIN 4 Ponorogo (Skripsi), Ponorogo: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Romadhani, Putri Syahri, Analisis Keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 17 Bilah Barat (Skripsi), Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumut. 2022.
Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011. Setiawati, Agus Salim Hasanudin. Al-Mubarok Al qur’an Hafalan, Bandung: PT. Alqosbah Karya Indonesia, 2022.
Suardi, Moh, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama, 2018. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2021.
Swadarma, Doni. Penerapan Mind mapping dalam Kurikulum Pembelajaran, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2013.
Vitasari, Rizka. 2016. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Diambil dari: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/2226 Vol. 4 (3). (20 Juni 2023). Warisman, Bahasa Indonesia Ilmiah untuk Penulisan Laporan, Skripsi,Thesis, dan Disertasi. Malang: UB Press, 2013.
Widoyoko, Eko Patro, Penelitian Hasil Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Windura, S., Mind Map Langkah Demi Langkah, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010. Yukaristia, Literasi: Solusi Terbaik untuk Mengatasi Problematika Sosial di Indonesia. Sukabumi: CV Jejak, 2019.