Main Article Content
Abstract
Keberadaan media sosial harus dapat digunakan pelaku usaha dibidang pariwisata (jasa armada pariwisata, biro tour, pusat oleh-oleh) dalam memasarkan produk. Salah satu media sosial yang dapat digunakan diantaranya adalah Instagram. Upaya untuk menyosialisasikan media sosial dilakukan pada perwakilan pelaku usaha dibidang pariwisata yang ada di Kota Semarang. Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan pemahaman tentang manfaat social media sebagai media promosi untuk meningkatkan branding personal usaha, memaximalkan social media sebagai media promosi, dapat mengaplikasikan Instagram sebagai media promosi. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yaitu Observasi Lapangan, Sosialisasi Tentang Cara Pemasaran Di Media Sosial, Membantu pelaku usaha pariwisata kota semarang Dalam Pembuatan Sosial Media Untuk Pemasaran, Pengujian dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan ini pelaku usaha sudah mulai memahami pentingnya social media untuk promosi dan baranding, selain memahami pelaku usaha pariwisata dapat inovasi baru untuk identitas usahanya dan menggunakan social media Instagram untuk promosi dan branding usahanya.
Kata Kunci : pariwisata, pemasaran jasa dan produk, optimalisasi social media
Â
Abstract : The existence of social media must be able to be used by business actors in the tourism sector (tourism fleet services, tour bureaus, souvenir centers) in marketing products. One of the social media that can be used is Instagram. Efforts to socialize social media were made to representatives of business actors in the tourism sector in the city of Semarang. The goal to be achieved from implementing this community service is to increase understanding of the benefits of social media as a promotional media to improve business personal branding, maximize social media as a promotional media, and be able to apply Instagram as a promotional media. The method of implementing community service is Field Observation, Socialization about Marketing Methods on Social Media, Assisting Semarang City tourism businesses in Creating Social Media for Marketing, Testing and Evaluation. As a result of this activity, business actors have begun to understand the importance of social media for promotion and branding, apart from understanding that tourism business actors can create new innovations for their business identity and use social media Instagram for promotion and branding of their business.
Keyword : marketing services and products, optimizing social media, tourism