Main Article Content
Abstract
Kecerdasan visual-spasial memiliki keterkaitan dengan keampuan untuk membaca arah, warna, dan ruang secara akurat. Dalam upaya pengembangan kecerdasan visual-spasial siswa, TK Pelangi Nusantara telah menyediakan beberapa fasilitas mainan namun dirasa cepat membosankan dan kurang interaktif. Oleh sebab itu diperlukan sebuah permainan baru yang mampu memberikan tidak hanya kesenangan tetapi juga kaya akan nilai-nilai edukasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan merancang sekaligus membuat puzzle berupa mainan mekanikal edukatif berupa puzzle marble machine. Secara prinsip, permainan berbasis gerakan cam dan roda gigi ini menggerakkan kelereng agar bisa terus berputar dari batang penggerak bawah menuju ke atas. Mainan yang dilengkapi dengan warna-warni ini sekaligus melatih siswa dalam mengenal urutan warna pelangi. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah telah dilakukan perancangan dan pembuatan alat menggunakan mesin 3D printer. Sosialisasi tentang dasar-dasar kecerdasan visual spasial dan penggunaan alat kepada para guru telah diselenggarakan dengan antusiasme yang tinggi. Dalam kegiatan ini juga telah diserahterimakan puzzle kepada pihak sekolah untuk dapat dipergunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran.
Kata kunci: kecerdasan, mainan, mekanikal edukatif, puzzle, visual-spasial
Â
Abstract. The capacity to read direction, color, and space accurately is linked to visual-spatial intelligence. Pelangi Nusantara Kindergarten has offered numerous toy facilities in order to promote students' visual-spatial intelligence, but they rapidly become monotonous and inactive. As a result, a new game is developed that is both entertaining and educative. This community service project attempts to design and build instructional mechanical puzzles, namely games of marble machine puzzles. The marble is kept spinning from the bottom drive rod to the top drive rod in this game based on the movement of cams and gears. This bright toy also teaches kids how to recognize the rainbow's colors in order. As a result of this service activity, tools have been designed and manufactured utilizing 3D printers. The employment of tools for teachers and the socialization of the fundamentals of visual-spatial intelligence have been carried out with great enthusiasm. The puzzle from this activity has also been given to the school for use in the instructional process.
Keywords: intelligence, game, mechanical educative, puzzle, visual-spatial