Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran PAI Melalui Pesantren

Authors

  • Faisal Faisal UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, Indonesia

Abstract

Pesantren merupakan lembaga yang sudah lama berdiri di Indonesia dan berperan penting dalam pendidikan agama umat Islam. Namun pesantren harus merangkul metode pengajaran yang inovatif agar dapat memenuhi tuntutan dunia modern dan terus menjadi penyelenggara Pendidikan Agama Islam (PAI) yang relevan dan sukses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi beberapa inovasi pendidikan dan pembelajaran PAI melalui pesantren, beserta pengaruhnya terhadap pemahaman agama dan pengembangan karakter santri.

Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan, yang mana studi kepustakaan berarti teknik pengumpulan data dengan melakukan penelaahan terhadap buku, literatur, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan.

Hasil dari penelitian ini adalah menjadi dasar dan tujuan inovasi dalam pembelajaran PAI adalah mengacu pada inovasi pendidikan, karena pembelajaran merupakan suatu komponen dari pendidikan itu sendiri. Salah satu permasalahan serius yang dihadapi dunia pendidikan sekarang ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran, termasuk pembelajaran PAI. Proses pembelajaran pendidikan agama yang terjadi kerap kali baru bersifat seadanya, rutinitas, formalitas, kering, kaku, dan kurang makna. Informasi materi pelajaran yang diperoleh dari guru lebih banyak mengandalkan indera pendengaran.

Selain itu, dalam konteks pembahasan ini, inovasi yang dimaksud adalah modernisasi atau pembaruan yang dilakukan oleh pondok pesantren ditinjau dari berbagai literatur terkait. Paling tidak ada dua hal yang perlu dimodernisasi yaitu pada aspek metodologi dan menyederhanakan silabus-silabus tradisional.

Kata kunci: Inovasi Pendidikan Agama Islam, Pesantren

Downloads

Published

2023-10-19