Efektivitas Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah BSI KCP yos Sudarso Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.31942/jse.v3i1.11264Abstract
Biaya promosi yang dikeluarkan oleh BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk digunakan untuk melakukan kegiatan promosi dengan tujuan meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas biaya promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk dan 2) Dampak efektivitas biaya promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk. Penelitian ini dilakukan di BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk dengan menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi kemudian data hasil penelitian diolah menggunakan teknik editing, pengorganisasian data, dan analisis data. setelah itu, data di analisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kenaikan biaya promosi efektif untuk meningkatkan jumlah nasabah di BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk karena terpenuhinya tiga indikator efektivitas yakni pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. dan 2) keefektifan kenaikan biaya promosi untuk menaikan jumlah nasabah di BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk memiliki dampak bagi pihak bank yakni diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan pemahaman nasabah terhadap produk BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk dan bertambahnya minat nasabah dalam menggunakan produk & layanan BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk. Kata kunci : efektivitas, biaya promosi, jumlah nasabahReferences
Abdokhoda, Mohammadeva. “Faktor Investigasi Yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Oleh Teknologi, Bagian Catatan Medis Berdasarkan Model Penerimaan Teheran, Di Rumah Sakit Universitas Ilmu Kedokteran†(2019).
Aji Damanuri. “Metodologi Penelitian Mu`amalah.†In Ponorogo: STAIN Po Press, 152–153, 2010.
Amalia, Anis Halimah. Pengaruh Harga Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Emas. Jurnal Ekonomi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017.
Anggarwati, Andita Ayu. Wawancara Nasabah, 08 Maret, 2024.
Arifah, Dinillah. “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Bukittinggi,†2015.
Bank, Layanan. “Nasabah – Pengertian, Jenis, Dan Keuntungannya.†Https://Lifepal.Co.Id/Media/Nasabah/.
BSI Yos Sudarso Nganjuk. “Jumlah Nasabah BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk.â€
Dwi Perwitasari Wiryaningtyas. “Pengaruh Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit Pada Bank Kredit Desa Kabupaten Jember.†Jurnal Ekonomi dan Bisnis Growth Volume 14 (2016).
Gita,Shella. Wawancara, 08 Maret 2024.
Hadi, Abd, Asrori, and Rusman. Buku Penelitian Kualitatif Studi Fenomen, 2019.
Hardani, dkk. Buku Metode Penelitian Kualitatif Dan Kualitatif. Repository.Uinsu.Ac.Id, 2020.
Herawati, Iis, and Ronal Marbun. “Analisis Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Sumber Dana Pihak Ketiga Pada Pt. Bank Mandiri.†Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi 2, no. 2 (2022): 65–72.
Indrawan, Hieronimus Erwin, and Bryan Givan. “Biaya Promosi Dan Biaya Dana Berpengaruh Terhadap Dana Pihak Ketiga Bank Permata Jakarta.†Jurnal Perspektif XVII, no. 2 (2019): 176–183.
Indriani, Lina. Wawancara, 08 Maret, 2024.
Jelahut, Felisianus Efrem. “Aneka Teori Dan Jenis Penelitian Kualitatif.†Qualitative Inquiry & Research Design “Choosing Among Five Approaches,†no. September (2022).
Kamila, Rahmawati. “Peranan Frontliner Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Terhadap Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten (Persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Indihiang.†Thesis 1, no. 1 (2021): 1–26.
Kasmir, Pemasaran Bank, Edisi Revisi (Jakarta: Kencara Prenanda Media Group, 2010), 23.
Lestari, Puji. “Efektivitas Pengaruh Besaran Biaya Promosi Dalam Penghimpunan Dana Pihak Ketiga.†Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah 1, no. 2 (2009): 1–32.
Lexy J. Moleong. “Metodologi Penelitian Kualitatif.†In Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2012.
Luhur Prasetiyo. “Sistem Penilaian Kinerja Finansial Dan Sosial Bank Syariah Perspektif Maqasid Al-Najjar,†2019.
M. Djunaidi Ghony & Fauzan Almansur. “Metodologi Penelitian Kualitatif, 2012.
Meda, Alria. Wawancara Funding Transaction Staff (FTS) BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk, 28 November, 2023.
Miles, Matthew B. Huberman, Michael & Saldana, Johnny. “Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook.†In Terjemahan Tjetjep Rohendi, n.d.
Mindarti. Wawancara Nasabah, 08 Maret, 2024.
Mislah Hayati Nasution, Sutisna. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking.†Jurnal Nisbah Volume 1 N (2015).
Mita Nopitasari. “‘Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Diklat Terhadap Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2014-2018.’†Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, (2019): 9.
Muhammad Fatih Adzkia., “Efektifitas Program Layanan Jemput Maslahah Dalam Meningkatkan Dana Pihak Ketiga Pada Pt Bjb Syariah Cabang Pajajaran Bogor" Skripsi (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah,2020), 17
Nugraha, Adnan Ihsan, Program Studi, Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu, Dakwah Dan, Ilmu Komunikasi, Universitas Islam, and Negeri Syarif. Efektivitas Strategi Marketing Dalam Peningkatan, 2021.
Nurjanah. “Penjualan Pada Pt . Riau Pos Intermedia Pekanbaru†Skripsi Universitas Sultan Syarif Kasim Riau. (2013).
Philip Dan Ab Susanto Kotler. Manajemen Pemasaran Di Indonesia, 1999.
Prof. Dr. Almasdi Syahza, SE., MP. Metodologi Penelitian Edisi Revisi Tahun 2021. UR Press Pekanbaru 2021, 2021.
Pujianto, Nanang. Wawancara Micro Business Representative BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk, 08 Maret, 2024.
Pujianto, Nanang. Wawancara Micro Business Representative BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk, 2023.
Rahmanita, Maulidina. "Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Intervening", Skripsi (Surakarta:Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2017), 34
Rosyda. “Nasabah Adalah: Pengertian, Macam-Macam, Contoh, Keuntungannya.†Https://Www.Gramedia.Com/Literasi/Nasabah/.
Safitri, Dewi. Wawancara, 08 Maret 2024.
Salsabil, Zhafira, and Mecca Arfa. “Efektifitas Website Femaledaily.Com Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pengguna.†Jurnal Ilmu Perpustakaan - Universitas Diponegoro 8, no. 2 (2019): 199–210.
Sifki, Nurhidayatus, and Ibram Pinondang Dalimunthe. “Pengaruh Bagi Hasil, Biaya Promosi, Efisiensi Operasional Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Jumlah Deposito Mudharabah.†JAS (Jurnal Akuntansi Syariah) 6, no. 1 (2022): 28–44.
Sonny Sumarsono, Manajemen Keuangan Pemerintah, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010), Hlm 35. “No Title†(n.d.): 35.
Steers, Richard M. Efektivitas Organisasi (Kaidah Peri Laku), 1980.
Sugiono 2016 dalam Fakhri. “Metode Penelitian Purposive Sampling.†2021 (2021): 32–41.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2021),32-41
Suyitno. Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal EQUILIBRIUM. Vol. 5, 2012. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/.
Tiyono, Yadi. Wawancara Branch Operation & Service Manager BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk, 08 Maret, 2024.
Tiyono, Yadi. Wawancara Branch Operation & Service Manager BSI KCP Yos Sudarso Nganjuk, 28 November, 2023.
Tri Bayu Ramadan Dan Husna Ni`Matul Ulya. “Minat Nasabah Pasar Banaran Terhadap Produk Tabungan Haji Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sukowati Sragen.†Jurnal Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. Volume 4 N, no. P-Issn 2721-9615/E-Issn 2721-9623 (2023): 2.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.