Main Article Content

Abstract

Pendidikan musik memiliki banyak manfaat dalam perkembangan kemampuan seorang anak, salah satunya adalah membantu meningkatkan konsentrasi dan imajinasi anak. Saat ini banyak orang tua yang mulai menyadari bahwa mengenalkan musik pada anak sejak usia dini adalah hal yang penting. Orang tuapun mulai mengajari alat musik secara langsung maupun melalui digital pada anak. Namun aplikasi yang ada saat ini belum memenuhi keinginan dan ketertarikan bagi pengguna. Maka, diberikan solusi rancang bangun aplikasi pengenalan alat musik bernama DOREMI dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD). Perancangan aplikasi DOREMI berbasis Android ini memperhatikan banyak aspek. Salah satu aspek paling penting dalam perancangan aplikasi Android ini yaitu desain User Interface dan User Experience (UI/UX). Dengan perancangan UI/UX yang menarik akan menimbulkan minat pada anak-anak untuk belajar alat musik dari aplikasi tersebut. User Interface fokus kepada bagaimana seluruh tampilan aplikasi Android dilihat dan ditata dari antarmuka dengan pengguna. Sedangkan User Experience fokus kepada kenyamanan pengguna saat menggunakan aplikasi. Kemudian aplikasi diuji menggunakan white box dan black box.

Keywords

Musik Aplikasi Android Digital

Article Details

References

  1. Oktaviani, R., (2014), Perancangan Media Interaktif Pengenalan Alat Musik Tradisional dan Modern Anak Usia 4-6 Tahun, ejournal BSI, vol. 1, p. 1.
  2. Izzaty, R. E., (2013), Musik dan Perkembangan Anak, [Online]. Available: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/dr-rita-eka-izzaty-spsi-msi/Musik%20dan%20perkembangan.pdf. [Accessed 11 12 2017].
  3. Ardiansyah, W dan Sadikin, A, (2018), Perancangan Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Nusantara Berbasis Android, Processor, vol. 12, p. 1012
  4. Amborowati, A, (2010), Rancangan Sistem Pameran Online Menggunakan Metode UCD (User Centered Design), IST AKPRIND, p. 1.
  5. Pratiwi, D. dkk, (2018), Penggunaan Metode User Centered Design (UCD) dalam Perancangan Ulang Web Portal Jurusan Psikologi FISP Universitas Brawijaya, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, pp. 2448-2458.
  6. Haryanto, (2013), Aplikasi Pemesanan Barang Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Berbasis Android, Fakultas Ilmu Komputer UDINUS, 2009.
  7. Khasani, S. R. I., (2017), Rancang Bangun Aplikasi Wisata Kuliner Berbasis Android Menggunakan Metode UCD, STMIK AKAKOM, pp. 7-10.
  8. Safaat, N., (2012), Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika.
  9. Garret, J. J., (2011), The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond, Second Edition, California: New Riders.
  10. Sukamto A. R dan Shalahudin, M., Rekayasa Perangkat Lunak(Terstruktur dan Berorientasi Objek), Bandung: Modula, 2011.