Main Article Content
Abstract
Augmented Reality (AR) adalah teknologi integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real-time. Bisnis yang tidak pernah ada hentinya yaitu manufaktur yaitu penjualan perlengkapan rumah dan halaman indoor maupun outdor yang berupa barang mebel, karena kebutuhan barang mebel sangat diminati untuk penghias atau pelengkap isi rumah dan penghias halaman rumah. Banyak pebisnis mulai terjun di bidang permebelan tersebut maka terjadilah banyak persaingan. Dari situlah diperlukanya inovasi dalam melakukan promosi. Di dalam penelitian ini teknologi AR dimanfaatkan sebagai media promosi/pemasaran perusahaan mebel kompas jati jepara berbentuk aplikasi android. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Waterfall, metode Waterfall memberikan pendekatan-pendekatan yang sistematik dan sekuensial dalam pengembangan perangkat lunak. Aplikasi ini nantinya membantu produsen dalam memasarkan barang mebel yang akan dipasarkan dan konsumen ketika ingin melihat barang barang secara real yang akan dibeli hanya memerlukan katalog yang di dalamnya tersedia marker berupa gambar barang dan informasi barang untuk menampilkan bentuk 3D dan smartphone android. Aplikasi ini diharapkan akan meningkatkan minat konsumen dalam membeli barang mebel dikompas jati jepara. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Kompas Jati Jepara berbasis android.
 Kata kunci: Android, Augmented Reality, Katalog, Promosi, Unity