Main Article Content

Abstract

Bahasa arab merupakan mata pelajaran sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah, salah satu poin dari mata pelajaran ini yaitu kalimat fi’liyyah. Guru mengajarkan dengan metode konvensional. Pada sekolah MI Nyatnyono 01, masih minim sekali akan media pembelajaran sebagai alternatif belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis membuat sebuah aplikasi media baru untuk mempermudah siswa dalam belajar materi kalimat fi’liyyah. Penulis menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle yang memiliki 6 tahap yaitu, concept, design, collecting material, assembly, testing dan distribution. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi mobile dan desktop yang berisikan materi kalimat fi’liyyah dan bisa menjadi alternatif belajar mata pelajaran Bahasa arab. Aplikasi tersebut kemudian diuji dengan metode pengujian blackbox, pengujian angket dan pengujian pretest dan posttest.

Keywords

Aplikasi Android Blackbox Bahasa arab

Article Details

References

  1. Husaini, F. (2013). Pembuatan Media Edukasi Ayo Bermain Huruf Hijaiyah Pada Tpa An-Nur Daleman. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer Fti Unsa
  2. Nuranggraini, W. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Ilmu Nahwu Berbasis Multimedia.Naskah Publikasi Ilmiyah.
  3. Rahmad Iswanto. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna. Vol. 1, No 2. Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (Stain)
  4. Sarwiko Dwi. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Mx (Studi Kasus Mata Kuliah Pengolahan Citra Pada Jurusan S1 Sistem Informasi). Gunadarma. Vol 1.
  5. Syarifah, D. dan Suheri, A. (2014). Pengembangan Visual Portofolio Digital Berbasis Augmented Reality Menggunakan Kartu Tanda Penduduk Dan Android. Media Jurnal Informatika Vol.6. Universitas Suryakencana (Unsur)