Main Article Content

Abstract

Teknologi saat ini berkembang semakin pesat sehingga memudahkan dunia pendidikan dalam melakukan proses belajar mengajar seperti kondisi saat ini yang sedang terkendala oleh wabah Covid-19 secara global sehingga siswa dan guru melakukan proses belajar mengajar di rumah. Berbagai aplikasi platform menawarkan proses pembelajaran online baik lewat learning management system (LMS), media sosial maupun jejaring sosial, akan tetapi beberapa materi perlu dilakukan pendekatan dan media khusus salah satu adalah materi pengenalan aksara Jawa bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD) membutuhkan sarana latihan dan penjelasan yang menyenangkan. Penelitian ini mengusulkan aplikasi pembelajaran aksara Jawa dengan menggunakan Algoritma K-NN untuk belajar mengenal aksara Jawa dan mendeteksi kecocokan dalam penulisan aksara Jawa yang dikemas dalam aplikasi Android yang menarik dan menyenangkan. Hasil pengujian K-NN berdasarkan nilai k yang paling akurat adalah k = 5 dengan hasil berhasil 54,9% dan hasil gagal 45,1% dan diperoleh pengujian kebenaran siswa dalam mengenal aksara Jawa adalah 86%.

Keywords

Aksara Jawa K-NN Android pembelajaran Sekolah Dasar

Article Details

Author Biography

Elkaf Rahmawan Pramudya, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

Fakultas Ilmu Komputer

References

  1. Agustina, A., Suwarno, S. and Proboyekti, U. (2011) ‘Pengenalan Aksara Jawamenggunakan Learning Vector Quantization (Lvq)’, Informatika: Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika, (April).
  2. Arismadhani, A. et al. (2013) ‘Aplikasi Belajar Menulis Aksara Jawa Menggunakan Android’, Jurnal Teknik Pomits, 2(1), p. 1. Available at: http://ejurnal2.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/2732.
  3. Avianto, Y. F. and Prasida, T. A. S. (2018) ‘Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Board Game’, Aksara, 30(1), p. 133. doi: 10.29255/aksara.v30i1.223.133-148.
  4. GlobalStats (2020) Mobile Operating System Market Share Indonesia. Available at: https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia (Accessed: 14 April 2020).
  5. Huri, D. (2014) ‘Penguasaan Kosakata Kedwibahasaan Antara Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia Pada Anak-Anak’, Jurnal Pendidikan Unsika, 2(November), pp. 88–93.
  6. Kemp, S. (2020) ‘Digital 2020 :Global Digital Overview’, Global Digital Insights, p. 247. doi: https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital-overview.
  7. Lestari, M. (2014) ‘Penerapan Algoritma Klasifikasi Nearest Neighbor (K-NN) untuk Mendeteksi Penyakit Jantung’, Faktor Exacta, 7(September 2010), pp. 366–371.
  8. Louis, A. et al. (2019) ‘Pengenalan Aksara Jawa dengan Menggunakan Metode Area Based Feature Extraction dan Support Vector Machine’, Jurnal Infra Petra.
  9. Sommerville, I. (2011) Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.
  10. Susanto, A. et al. (2017) ‘Perlindungan Hak Cipta Pada Citra Digital Menggunakan’, Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2), pp. 441–448.
  11. Susanto, A. et al. (2018) ‘A High Performace of Local Binary Pattern on Classify Javanese Character Classification’, Scientific Journal of Informatics, 5(1), p. 8. doi: 10.15294/sji.v5i1.14017.
  12. Sutarsih (2015) ‘Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Anak Kelas III Sekolah Dasar.’, ISSN 0854-3283 Vol. 27, No. 1, Juni 2015, 65., 27(1), pp. 65–72.