Main Article Content

Abstract

Layanan menjadi faktor utama dalam mengukur kualitas tata kelola di perguruan tinggi, saat ini layanan selalu terintegrasi dengan sistem informasi. Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) saat ini sudah mengimplementasikan layanan berbasis sistem informasi, namun yang menjadi tantangan dalam pengembangan sistem di Polsri yaitu bagaimana mengakomodir kebutuhan sistem informasi hingga menyasar di level Jurusan dan Program Studi, layanan tersebut bersifat rutin, administratif dan berkaitan langsung dengan mahasiswa. Jurusan Manajemen Informatika (MI) merupakan salah satu jurusan yang memiliki jumlah mahasiswa yang banyak sehingga diperlukan penerapan sistem informasi dalam layanan administrasi mahasiswa. Saat ini sistem layanan yang berjalan di MI masih terpusat pada sistem informasi akademik yang cakupannya meliputi pengeloaan jadwal, penilaian mahasiswa, dan administrasi pengajaran dosen. Namun untuk layanan administrasi mahasiswa belum mengimplementasikan sistem yang terkomputerisasi. Berdasarkan observasi lapangan dan wawancara dengan pengadministrasi jurusan, layanan administrasi yang memerlukan implementasi sistem informasi antara lain: (1) layanan informasi akumulasi kompensasi mahasiswa, (2) layanan pendataan beasiswa, (3) layanan permohonan pelaksanaan Kerja Praktek/ Laporan Akhir/ Tugas Akhir, (4) layanan permohonan Stop Out dan (5) Umpan balik kualitas layanan dari mahasiswa. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi layanan administrasi mahasiswa berbasis web yang mengakomodir layanan mahasiswa dari kelima aspek tersebut

Keywords

Layanan Administrasi Mahasiswa Aplikasi berbasis Web Tata Kelola Sistem Informasi SDLC

Article Details

Author Biographies

Indra Griha Tofik Isa, Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

Indri Ariyanti, Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

References

  1. Ahmed, T. H., Kadhar, L. A., & Shameemfathima, A. (2017). A Design of Mobile Application for University Management Systems Using Android. International Journal of Information Technology (IJIT), 3(2), 6–11. www.ijitjournal.org
  2. Asriyanik, A., & Isa, I. G. T. (2018). Rancang Bangun Sistem Layanan Administrasi Berbasis Website Pada Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Ummi). Santika: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 8(1), 655-664.
  3. Badan Penjaminan Mutu. (2017). Standar Operasional Prosedur Jurusan. BPM Polsri.
  4. Effendi, S. P., & Tasrif, E. (2019). Perancangan Digitalisasi Pelayanan Administrasi Akademik Jurusan Teknik Elektronika Berbasis Android. JVOTEKNIKA:Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2).
  5. Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi edisi Revisi. Penerbit Andi.
  6. Madiarsa, I. M. (2017). MEMBANGUN PERGURUAN TINGGI BERBUDAYA MUTU. Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi, 2, 213–217.
  7. Melani, Y. I. (2019). Sistem Pengaduan Layanan Akademik Menggunakan Responsive Web Design. Sisfokom, 08(1), 39–45.
  8. Mulyadi. (2010). Kepemimpinan dalam Mengembangkan Budaya Mutu. UIN-Maliki Press.
  9. Pusat Informasi dan Humas. (2020). CETAK BIRU PERENCANAAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA TAHUN 2020 – 2024. Politeknik Negeri Sriwijaya.
  10. Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Penerbit Informatika.
  11. Sunoto, I. (2015). Perancangan Sistem Informasi Administrasi. TEKNIK FTUP Faktor Exacta, 28(1), 146–155. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/joins/article/view/1459
  12. Utomo, A. P., & Mariana, N. (2011). Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) pada Bidang Akademik dengan Cobit Frame Work Studi Kasus pada Universitas Stikubank Semarang. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 16(2), 139–149.
  13. Wibowo, N. S., Utami, E., & Alfatta, H. (2021). Perancangan Struktur Tata Kelola Data di Pemerintah Daerah Menggunakan Framework Data Management Body Of Knowledge. Journal of Computer, Information System, and Technology Management, 4(1).