Main Article Content
Abstract
Data menunjukkan bahwa sekitar 66% masyarakat Indonesia tidak memiliki akun rekening keuangan di bank. Hal tersebut dapat mempersulit masyarakat dalam mendapatkan akses ke produk dan layanan keuangan seperti rekening tabungan, pembiayaan, asuransi hingga investasi. Ajaib Group berusaha meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia melalui investasi, seperti jual beli saham, dan pembelian reksa dana melalui aplikasi seluler Ajaib. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi siapa saja target pengguna aplikasi Ajaib dan bagaimana cara meningkatkan performa pengalaman pengguna aplikasi Ajaib agar dapat memenuhi tujuan bisnis. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Design Thinking. Wawancara dilakukan untuk mengenal lebih dalam target pengguna. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui teknik non-random sampling. Pengujian desain dilakukan dengan metode pengujian A/B dan skor System Usability Scale (SUS). Temuan penelitian menunjukkan bahwa desain antarmuka terbaru berhasil meningkatkan kinerja pengguna hingga 72% dibanding desain tampilan yang sudah ada dan berhasil mendapatkan nilai “A†(skor SUS rata-rata 86) yang menggambarkan Best Imaginable dalam hal pengalaman pengguna. Namun peningkatan terhadap pengalaman pengguna tidak memberikan penilaian yang berbanding lurus dengan kenyamanan pengguna dalam menilai desain antarmuka aplikasi. Perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan sampel target pengguna yang lebih spesifik seperti gender, lokasi, pekerjaan hingga rentang penghasilan sehingga dapat menghasilkan produk yang bisa menjawab kebutuhan pengguna.
Keywords
Article Details
References
- Alexander, AZ. (2020). Analisis User Experience Dan User Interface Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Sandangawan.Com). Institut Teknologi Telkom Purwokerto.
- Badan Pusat Statistik. (2021). Ekonomi Indonesia 2020 Turun sebesar 2,07 Persen (c-to-c). BPS — Statistics Indonesia. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ekonomi-indonesia-2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html.
- Bangor, & Aaron, & Kortum, Phil & T., Philip & Miller, & T., James. (2008). The System Usability Scale (SUS) : an Empirical evaluation. International Journal of Human-Computer Interaction. 24. 574-. 10.1080/10447310802205776.
- Beasley, Michael. (2013). A/B Testing. 10.1016/B978-0-12-404619-1.00013-7.
- Brooke, John. (1995). SUS: A quick and dirty usability scale. Usability Eval. Ind. 189.
- Chandra, Carissa Maharani & Putri, Clara Meyhazlinda & Theja, Desta Rahman & Umami, Riza & Hakim, Syahrani Nur & Pribadi, Muhammad Rizky. (2022). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Femine Menggunakan Metode Design Thinking. MDP Student Conference (MSC) 2022. ISBN 978-602-51717-7-2.
- Design Thinking. IDEO U. Retrieved from https://www.ideou.com/pages/design-thinking.
- Ernowo, Alfonsius Ega & Julianto, Eddy & Handarkho, Yonathan Dri. (2021). Pengujian Website CGV Cinemas Berdasarkan Aspek IMK dengan Metode A/B Testing. Jurnal Informatika Atma Jogja, Volume 2, Nomor 2, November 2021: 150-157.
- Fauzi, Ade Muhammad Nur & Triayudi, Agung & Sholihati, Ira Diana. (2022). Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Kearsipan Menggunakan System Usability Scale Dan Pieces Framework. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Volume 07, Nomor 01, Maret 2022: 231 – 239. E-ISSN: 2540 – 8984.
- Glowdy, AG, Fauzi, R, Alam, EN. (2020). Perbaikan Tampilan User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Pada Aplikasi Nganggur.id Menggunakan Metode User-centered Design. 2355-9365. e-Proceeding of Engineering: Vol.7, No.2 Agustus 2020. Page 7617.
- Ideation. Interaction Design Foundation. Retrieved from https://www.interaction-design.org/literature/topics/ideation.
- Lazar, Jonathan & Feng, Jinjuan & Hochheiser, Harry. (2017). Usability testing. Research Methods in Human Computer Interaction (Second Edition). doi.org/10.1016/B978-0-12-805390-4.00010-8.
- Magenda, HF. (2020). Evaluasi User Experience dan Potensi Pengembangan Aplikasi Mobile Transportasi Umum Suroboyo Bus. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
- Nielsen, Jakob. (March 18, 2000). Why You Only Need to Test with 5 Users. Nielsen Norman Group. Retrieved from https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/.
- Prasetyo, Wisnu Bagus. (2019). IDX Registers 860.000 New Investors in 2019. Jakarta Globe. Retrieved from https://jakartaglobe.id/business/idx-registers-860000-new-investors-in-2019.
- Rohmah, Siti & Ary Maxsi. (2021). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus: pada Akulaku dan Kredivo Indonesia). Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), VOL.13, NO.1, April 2021. E-ISSN 2355-4614.
- Sadewa, I Gusti Bagus Bogi & Divayana, Dewa Gede Hendra & Pradnyana, I Made Ardwi. (2020). Pengujian Usability Pada Aplikasi E-Sakip Kabupaten Buleleng Menggunakan Metode Usability Testing. Information System and Emerging Technology Journal. Vol. 1, No. 2, Desember 2020. ISSN 2722-8207.
- Sutrisno, A & Putri Yulianti, Lenny & Harlili. (2021). Designing Interaction of Food Allergy Information Application Using User-Centered Design Approach: Gojek Case Study. Journal of Physics: Conference Series. 1803. 012028. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1803/1/012028.
- Swarnadwitya, Arvira. (2020). Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya. Binus University. Retrieved from https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/.
- Uly, Yohana Artha. (2020). Jumlah Investor Pasar Modal Indonesia Masih Tertinggal dari Singapura dan Malaysia. Kompas.com. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2020/10/22/103000226/jumlah-investor-pasar-modal-indonesia-masih-tertinggal-dari-singapura-dan?page=all.
- Wiradji, Sudibyo. (2021). Grassroot strategy to realize financial inclusion in Indonesia. The Jakarta Post. Retrieved from https://www.thejakartapost.com/life/2021/04/15/grassroot-strategy-to-realize-financial-inclusion-in-indonesia.html.
References
Alexander, AZ. (2020). Analisis User Experience Dan User Interface Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Sandangawan.Com). Institut Teknologi Telkom Purwokerto.
Badan Pusat Statistik. (2021). Ekonomi Indonesia 2020 Turun sebesar 2,07 Persen (c-to-c). BPS — Statistics Indonesia. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ekonomi-indonesia-2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html.
Bangor, & Aaron, & Kortum, Phil & T., Philip & Miller, & T., James. (2008). The System Usability Scale (SUS) : an Empirical evaluation. International Journal of Human-Computer Interaction. 24. 574-. 10.1080/10447310802205776.
Beasley, Michael. (2013). A/B Testing. 10.1016/B978-0-12-404619-1.00013-7.
Brooke, John. (1995). SUS: A quick and dirty usability scale. Usability Eval. Ind. 189.
Chandra, Carissa Maharani & Putri, Clara Meyhazlinda & Theja, Desta Rahman & Umami, Riza & Hakim, Syahrani Nur & Pribadi, Muhammad Rizky. (2022). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Femine Menggunakan Metode Design Thinking. MDP Student Conference (MSC) 2022. ISBN 978-602-51717-7-2.
Design Thinking. IDEO U. Retrieved from https://www.ideou.com/pages/design-thinking.
Ernowo, Alfonsius Ega & Julianto, Eddy & Handarkho, Yonathan Dri. (2021). Pengujian Website CGV Cinemas Berdasarkan Aspek IMK dengan Metode A/B Testing. Jurnal Informatika Atma Jogja, Volume 2, Nomor 2, November 2021: 150-157.
Fauzi, Ade Muhammad Nur & Triayudi, Agung & Sholihati, Ira Diana. (2022). Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Kearsipan Menggunakan System Usability Scale Dan Pieces Framework. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Volume 07, Nomor 01, Maret 2022: 231 – 239. E-ISSN: 2540 – 8984.
Glowdy, AG, Fauzi, R, Alam, EN. (2020). Perbaikan Tampilan User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Pada Aplikasi Nganggur.id Menggunakan Metode User-centered Design. 2355-9365. e-Proceeding of Engineering: Vol.7, No.2 Agustus 2020. Page 7617.
Ideation. Interaction Design Foundation. Retrieved from https://www.interaction-design.org/literature/topics/ideation.
Lazar, Jonathan & Feng, Jinjuan & Hochheiser, Harry. (2017). Usability testing. Research Methods in Human Computer Interaction (Second Edition). doi.org/10.1016/B978-0-12-805390-4.00010-8.
Magenda, HF. (2020). Evaluasi User Experience dan Potensi Pengembangan Aplikasi Mobile Transportasi Umum Suroboyo Bus. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Nielsen, Jakob. (March 18, 2000). Why You Only Need to Test with 5 Users. Nielsen Norman Group. Retrieved from https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/.
Prasetyo, Wisnu Bagus. (2019). IDX Registers 860.000 New Investors in 2019. Jakarta Globe. Retrieved from https://jakartaglobe.id/business/idx-registers-860000-new-investors-in-2019.
Rohmah, Siti & Ary Maxsi. (2021). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus: pada Akulaku dan Kredivo Indonesia). Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), VOL.13, NO.1, April 2021. E-ISSN 2355-4614.
Sadewa, I Gusti Bagus Bogi & Divayana, Dewa Gede Hendra & Pradnyana, I Made Ardwi. (2020). Pengujian Usability Pada Aplikasi E-Sakip Kabupaten Buleleng Menggunakan Metode Usability Testing. Information System and Emerging Technology Journal. Vol. 1, No. 2, Desember 2020. ISSN 2722-8207.
Sutrisno, A & Putri Yulianti, Lenny & Harlili. (2021). Designing Interaction of Food Allergy Information Application Using User-Centered Design Approach: Gojek Case Study. Journal of Physics: Conference Series. 1803. 012028. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1803/1/012028.
Swarnadwitya, Arvira. (2020). Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya. Binus University. Retrieved from https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/.
Uly, Yohana Artha. (2020). Jumlah Investor Pasar Modal Indonesia Masih Tertinggal dari Singapura dan Malaysia. Kompas.com. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2020/10/22/103000226/jumlah-investor-pasar-modal-indonesia-masih-tertinggal-dari-singapura-dan?page=all.
Wiradji, Sudibyo. (2021). Grassroot strategy to realize financial inclusion in Indonesia. The Jakarta Post. Retrieved from https://www.thejakartapost.com/life/2021/04/15/grassroot-strategy-to-realize-financial-inclusion-in-indonesia.html.