Main Article Content

Abstract

Salah satu permasalahan pembelajaran matematika yaitu anggapan siswa tentang pelajaran matematika yang menakutkan dan kurang menarik dalam kegiatan pembelajarannya sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik. Dalam penelitian ini, digunakan game edukasi matematika dengan memanfaatkan teknologi smartphone android sebagai sebagai media pembelajaran. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana membuat game edukasi unsur dan sifat segi empat berbasis android? (2) Bagaimana hasil penerapan pada perangkat sebagai simulasi game edukasi unsur dan sifat segi empat berbasis android?. Dari permasalahan tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan membuat game edukasi unsur dan sifat segi empat berbasis android menggunakan unity 3D dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi multimedia yang terdiri dari konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Pembuatan aplikasi menggunakan unity 3D, hasil dari penelitian ini adalah dihasilkannya game edukasi unsur dan sifat segi empat berbasis android menggunakan unity 3D sebagai media pembelajaran variatif yang dapat mebantu guru dalam mengajar.

Keywords

Game Edukasi Android Unity 3D

Article Details

References

  1. Andi. 2014. Mudah membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D. Yogyakarta : Andi.
  2. Gata, Windu dan Gata, Grace. (2013). Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java. Jakarta : Elex Media Komputindo.
  3. Munib, Achmad. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
  4. Nugraha, M.G,. Yuniarti, R., Komarudin, A. (2020). Desain Game Edukasi Gerakan Semaphore Berteknologi Kinect Menggunakan Framework Mechanics Dynamics Aesthetics. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 4(1),1-11
  5. Pradana, A.G., 2019, Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRAâ€Alat Musik Daerah Berbasis Android, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2019, UNIVERSITAS PGRI MADIUN, 49-53
  6. Pramadana T.I., (2018), Pengembangan Aplikasi Bangun Datar Sederhana (Bandara) Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Sederhana di Tingkat SMP, Seminar Nasional TEKNOKA, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA, 3(3), 2502-8782
  7. Ropianto, M. (2016). Pemahaman Penggunaan Unified Modelling Language. JT-IBSI, 1(1), 43-50
  8. Setyaningrum, W. (2017). Media Edutainment Segi Empat Berbasis Android: Apakah Membuat Belajar Matematika Lebih Menarik?. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1). 40-56.
  9. Sugiarto. 2009. Bahan Ajar Workshop Pendidikan Matematika I, Jurusan Matematika UNNES, Semarang.
  10. Sutopo, A. H., 2003, Multimedia Interaktif dengan Flash, Graha Ilmu, Yogyakarta.