Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the educational values of worship contained in the Syamil and Dodo films, as well as the relevance of the Syamil and Dodo films to fiqh subjects, the material of the pillars of Islam, which can later be used as teaching materials in teaching the material of the pillars of Islam to students, so that in addition to understanding the Islamic law itself, students can also deepen their understanding. This study employs a semiotic method in conjunction with a qualitative approach. The author gathers information from the selected Syamil and Dodo films in order to identify the signs in each episode. The study’s findings indicate that the film Syamil and Dodo contains educational worship values, specifically worship of mahdhah and worship of ghair mahdhah. Furthermore, the episode Pengertian Dua Kalimat Syahadat, Doa dan Shalat, Rukun Shalat, Shalat Berjamaah, Macam-macam Zakat, Zakat dan Hukumnya, Adab Puasa, Keutamaan Ramadhan, Hukum Haji dan Manasik Haji in the film Syamil and Dodo has relevance to fiqh subjects on material Pillars of Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan ibadah yang terdapat pada film Syamil dan Dodo serta mengetahui relevansi dari film Syamil dan Dodo terhadap mata pelajaran fikih materi rukun Islam yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam mengajarkan materi rukun Islam kepada siswa agar selain memahami dari syariat Islam itu sendiri juga agar mendalami pemahaman yang telah dimilikinya. Penelitian ini menggunakan metode semiotik dengan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan informasi dari film Syamil dan Dodo yang telah dipilih untuk kemudian ditemukan tanda yang terdapat pada setiap episode tersebut. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pada film Syamil dan Dodo terdapat nilai-nilai pendidikan ibadah yang terkandung di dalamnya yaitu ibadah mahdhah dan ibadah ghair mahdhah. Selain itu film Syamil dan Dodo memiliki relevansi dengan mata pelajaran fikih materi rukun Islam yang terdapat pada episode Pengertian Dua Kalimat Syahadat, Doa dan Shalat, Rukun Shalat, Shalat Berjamaah, Macam-macam Zakat, Zakat dan Hukumnya, Adab Puasa, Keutamaan Ramadhan, Hukum Haji dan Manasik Haji sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai bahan ajar ataupun media pembelajaran oleh guru dalam mengajarkan mata pelajaran fikih materi rukun Islam.
Keywords
Article Details
References
- Abdul Mujib, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2006.
- Alex Sobur, Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
- Anton Widyanto, Pengembangan Fiqh di Zaman Modern, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol.10 No.2, 2011, hlm. 82-100.
- Asnaini, Zakat Produktif dalam Perspektif Hukum Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
- Evalina Siregar, Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
- Fatsyahrina Fitriastuti, Aplikasi Tuntunan Ibadah Berdasarkan Rukun Islam dengan Menggunakan Android, Telematika, Vol.10, 2014, hlm. 103-110.
- Fitria Martanti, Metode Struktural Analitik Sintetik dalam Pembelajaran Anak Disleksia, Al-Bidayah, Vol.10 No.1, 2018, hlm 23.
- Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005 hlm. 6.
- Mahmud Sani, Fiqih, Surabaya: CV. MIA, 2008
- Moh Syaifullah Al Aziz, Fiqih Islam Lengkap Pedoman Hukum Ibadah Umat Islam dengan Berbagai Permasalahannya, Surabaya: Terbit Terang, 2005.
- Muslih Aris Handayani, Studi Peran Film dalam Dunia Pendidikan, INSANIA, 2006, hlm 176-186.
- Nurcholis, Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan I, 2013, hlm. 24-44.
- Onong Uchjana Effendy, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti, 2003.
- Sanusi, Konsep Pembelajaran Fiqh dalam Perspektif Kesehatan Reproduksi, Edukasia, Vol.10, 2015, hlm. 367-390.
- Syafrida, Nurhayati Zein, Fiqh Ibadah, Pekanbaru: Mutiara Pesisir Sumatra, 2015.
References
Abdul Mujib, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2006.
Alex Sobur, Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Anton Widyanto, Pengembangan Fiqh di Zaman Modern, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol.10 No.2, 2011, hlm. 82-100.
Asnaini, Zakat Produktif dalam Perspektif Hukum Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Evalina Siregar, Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
Fatsyahrina Fitriastuti, Aplikasi Tuntunan Ibadah Berdasarkan Rukun Islam dengan Menggunakan Android, Telematika, Vol.10, 2014, hlm. 103-110.
Fitria Martanti, Metode Struktural Analitik Sintetik dalam Pembelajaran Anak Disleksia, Al-Bidayah, Vol.10 No.1, 2018, hlm 23.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005 hlm. 6.
Mahmud Sani, Fiqih, Surabaya: CV. MIA, 2008
Moh Syaifullah Al Aziz, Fiqih Islam Lengkap Pedoman Hukum Ibadah Umat Islam dengan Berbagai Permasalahannya, Surabaya: Terbit Terang, 2005.
Muslih Aris Handayani, Studi Peran Film dalam Dunia Pendidikan, INSANIA, 2006, hlm 176-186.
Nurcholis, Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan I, 2013, hlm. 24-44.
Onong Uchjana Effendy, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti, 2003.
Sanusi, Konsep Pembelajaran Fiqh dalam Perspektif Kesehatan Reproduksi, Edukasia, Vol.10, 2015, hlm. 367-390.
Syafrida, Nurhayati Zein, Fiqh Ibadah, Pekanbaru: Mutiara Pesisir Sumatra, 2015.