PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN DIGITAL PADA PRAKTIKUM MESIN LATHE CK6132D
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1498Abstract
Permasalahan pada praktek mesin Computer Numerical Control (CNC) khususnya Lathe CK 6132D adalah prosentasi jumlah mahasiswa dan sarana laboratorium dimana jumlah mahasiswa praktek lebih besar daripada jumlah mesin sehingga tidak optimal untuk pembentukan kompetensi mahasiswa. Belum adanya standar sarana dan prasarana untuk laboratorium teknik permesinan CNC menyebabkan perbedaan pelaksanaan pembelajaran. Bahkan satu mesin CNC digunakan oleh 5 sampai 10 mahasiswa dalam satu kali praktek.
Pengembangan model pembelajaran yang akan dirancang adalah dalam bentuk pembelajaran digital dengan membuat video tutorial pengoperasian Mesin CNC Lathe CK6132D. Metode perancangan pembelajaran digital ini meliputi  : Tahap Pengoperasian mesin; Tahap Input Program; Tahap Menjalankan Program ; Tahap Implementasi uji coba kepada mahasiswa.
Kegiatan tahap perancangan dan pembuatan ini adalah merancang, membuat dan mengembangkan pembelajaran model digital (video) dari mulai langkah bagaimana mengoperasikan Mesin CNC Lathe CK6132D, Setting Zero Point, Seting G54-G59, Input Program, Running Program secara otomatis sampai mematikan mesin. Kemudian dari hasil uji coba kepada mahasiswa, setelah dilakukan pembagian video tutorial ini banyak mahasiswa yang mandiri dalam mempelajari mesin CNC Lathe CK6132D dan tingkat pemahaman baik kognitif dan practical skill mengalami peningkatan yang signifikan, dari 10 mahasiswa hanya ada 2 mahasiswa yang harus mendapatkan bimbingan lebih lanjut.
Kata Kunci : Praktikum; Pembelajaran Digital; Video Tutorial