IbM KELOMPOK GURU SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL MELALUI PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1885Abstract
Dalam dunia pendidikan, peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan. Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal, informal maupun nonformal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru. Di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), para guru juga harus bisa memposisikan sebagai penggerak penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar. Guru tidak sekedar harus mampu memposisikan dalam perkembangan TIK tetapi adanya kewajiban untuk menghasilkan karya tulis terutama bagi guru yang akan mengajukan kenaikan jenjang menjadi golongan III-B ke atas.  Dalam makalah ini akan dibahas, bagaimana implementasi TIK di SMA Negeri 2 Playen Gunung Kidul dan SMA Muhammadiyah Wonosari Gunung Kidul. Implementasi di kedua sekolah tersebut diantaranya bagaimana penggunaan  elearning dalam proses belajar mengajar dan pengunaan TIK dalam penelusuran bahan pustaka dalam pembuatan karya tulis,. Aplikasi elearning yang digunakan adalah Moodle. Moodle dapat dikonfigurasi untuk media pembelajaran dan latihan ujian CBT. Optimalisasi guru dalam memahami TIK dapat ditingkatkan dengan mempelajari aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam pembuatan bahan ajar atau soal online antara lain dengan menggunakan Ispring, Quiz creator, Camtasia, VideoScribe dan software elearning lainnya.
Kata kunci : Elearning, Bahan Ajar, Guru, TIK