KAJIAN SIFAT MEKANIS DAN STRUKTUR MIKRO TROMOL REM UNTUK BUS/TRUK PRODUK UKM (Studi Kasus di PT. SSM)
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.358Abstract
Salah satu komponen kendaraan yang memiliki pangsa pasar cukup besar adalah tromol rem bus/truk. Tromol rem untuk bus/truk dibuat dengan proses pengecoran. Beberapa UKM telah berhasil memproduksi tromol rem untuk bus/truk, namun kualitas tromol rem produk UKM masih rendah sehingga kalah bersaing dengan produk impor. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sifat mekanis dan struktur mikro tromol rem untuk bus/truk produk salah satu UKM. Bahan tromol rem berupa besi cor kelabu dan temperatur penuangan dijaga pada suhu 1275oC-1350oC. Pengujian kekerasan dengan menggunakan metode Brinell, uji tarik dilakukan berdasarkan standar ASTM dan uji impak dilakukan dengan metode Charpy. Pengujian struktur mikro dilakukan dengan mikroskop metalurgi dengan menggunakan etsa nital 2,5% perbesaran 100 X. Hasil pengujian mikrografi tromol rem terlihat panjang grafit yang terbentuk berukuran 3-5. Sedangkan untuk fasa yang terbentuk kandungan ferit dan sementit rata-rata dibawah 5%. Pada pengujian kekerasan, nilai kekerasan tertinggi 190 HBN dan terendah 182,8 HBN. Kekuatan tarik tromol rem berkisar antara 156 s/d 235 Mpa, sedangkan kekuatan impak berkisar 2,2 J.
Kata kunci: sifat mekanis, struktur mikro, tromol rem.