PENGARUH VARIASI BAHAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN SIFAT MEKANIS KOPLING GESEK SEPEDA MOTOR DENGAN BAHAN DASAR FIBERGLASS, SERBUK ALUMUNIUM, SERBUK TEMBAGA DAN RESIN PHENOLIC
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.741Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi bahan denganmenggunakan fraksi berat serbuk alumunium, serbuk tembaga, fiberglass dengan resin
phenolic terhadap keausan dan kekerasan specimen kampas kopling dan membandingkannya
dengan kampas kopling yang sudah ada di pasaran Special Genuine Part (SGP ).
Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk alumunium, serbuk tembaga,
fiberglass, dan resin phenolic. Pembuatan dilakukan dengan  proses kompaksi, dengan gaya
sebesar 4Â ton dan ditahan selama 60 menit. Setelah mencapai holding time yang diinginkan,
dies (cetakan) dimasukkan kedalam oven dan dilakukan proses sintering dengan suhu 800
C
selama 40 menit dan specimen dikeluarkan dari cetakan. Setelah didapat tiga specimen
kampas kopling variasi serbuk alumunium, serbuk tembaga, dan fiberglass lalu dilakukan
proses pengujian kekerasan Brinell dengan standar ASTM F 1957-99 dan pengujian keausan
dengan standar ASTM D 3702-94 kemudian dilakukan foto makro untuk melihat kepadatan
dan sifat masing-masing bahan penyusun specimen kampas kopling.Â
Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa komposisi bahan dengan fraksi berat serbuk
alumunium sebesar 40 %, serbuk tembaga sebesar 20 %, fiberglass 20 % dan resin phenolic
20% didapat harga kekerasan 4,098 kg/mm2
, harga keausan uji kering sebesar 0,14 mm/jm
dan harga keausan uji basah pengaruh oli sebesar 0,19 mm/jm. Sehingga mendekati harga
kampas kopling SGP dengan harga kekerasan 3,974 kg/mm2
, harga keausan uji kering sebesar
0,15 mm/jm dan harga keausan uji basah pengaruh oli sebesar 0,20 mm/jm.
Kata kunci : kampas kopling, serbuk alumunium, serbuk tembaga, fiberglass,resin phenol,
kekerasan, keausan.
Downloads
Issue
Section
Articles