PERBANDINGAN FAKTOR CORRECTNESS, EFISIENSI DAN PORTABILITY PADA OPEN SOURCE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

Penulis

  • Rini Anggrainingsih Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret
  • Dessy Wahyuningsih Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret
  • Ersi Indah Asmari Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret
  • Achmad Khusyaini Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret
  • Triana Rejekiningsih Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1535

Abstrak

Faktor kualitas perangkat lunak diantaranya adalah correctnes, efisiensi, dan portability. Pada makalah ini dilakukan perbandingan kualitas perangkat lunak dengan berfokus pada ketiga faktor tersebut. Perbandingan faktor correctness dilakukan untuk mengetahui software  manakah yang memiliki kualitas lebih baik. Efisiensi digunakan untuk mengetahui performa Learning Management System (LMS) supaya user bisa menyesuaikan infrastruktur yang dimiliki dengan kebutuhan LMS sehingga efisiensi dapat ditingkatkan. Sedangkan portability digunakan untuk mengetahui seberapa kemampuan adaptasi pada LMS  terhadap  platform  sistem operasi yang berbeda. Perbandingan tiga faktor kualitas ini dilakukan pada software Learning Management System (LMS) yang berbasis open source, karena software open source mudah untuk diakses dan bersifat gratis. Tiga jenis LMS yang dibandingkan faktor correctness, efisiensi dan portabilitynya yaitu Moodle 3.1+, ATutor 2.2.1, dan ILIAS 5.1.6. Pengukuran faktor correctness pada LMS dilakukan dengan menggunakan software LoadComplete dengan merekam semua  fungsi kegiatan LMS tersebut. Pengukuran  efisiensi  dan portability melalui pengumpulan data dilakukan dengan metode Study Literature dan Technical Report setiap LMS. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa LMS ATutor memiliki faktor correctness yang lebih baik, sehingga ATutor memiliki fungsionalitas lebih baik apabila digunakan sebagai media pembelajaran online. Sedangkan pada efisiensi dan portability, LMS Moodle memperoleh hasil yang lebih baik.

Kata kunci: Correctness, Efisiensi, Perbandingan Open Source LMS, Portability

Diterbitkan

2016-09-03