التربية القرأنية عند Ù…Øمد أرواني أمين لتشكيل المجتمع القرأني بثقاÙØ© القراءة والكتابة
DOI:
https://doi.org/10.31942/ta.v9i01.4715Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep pendidikan Qur’ani menurut K.H. Muhammad Arwani Amin dalam membentuk masyarakat Qur’ani dengan budaya literasi serta ontribusinya dalam pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis untuk mendapatkan pemahaman yang dalam tentang pemikiran K.H. Muhammad Arwani Amin tentang konsep pendidikan Qur’ani. Setelah diteliti, hasil penelitian menunjukkan bagaimana perjalanan K.H.M Arwani Amin melaksanakan pendidikan Qur’ani, metode, etika, serta langkah-langkahnya sehingga melalui pendidikan Qur’ani tulah terbentuk masyarakat Qur’ani yang berbudaya literasi. Di antaranya adalah konsep menghafal Al-Qur’an yang harus didasari dengan keikhlasan, taat dan patuh, dan pentingnya kualitas. Konsep pendidikan K.H.M Arwani Amin yang dituangkan dalam muqaddimah kitab Faidhul Barakat fi Qira’at Sab’at mendorong budaya literasi yang relevan dengan pendidikan di Indonesia, yaitu pentingnya membudayakan membaca dan menulis sejak dini. Selain itu juga ditemukan metode menghafal Al-Qur’an yang meliputi metode musyafahah, metode resitasi, metode takrir, metode mudarasah, dan metode teks. Pemikiran K.H.M Arwani Amin ini memiliki kontribusi yang nyata bagi pendidikan di Indonesia salah satunya adalah kontribusi dalam mengembangkan dan melestarikan ilmu Qira’at Sab’at yang saat ini menjadi ilmu langka di dunia pendidikanDownloads
Published
2022-06-30
Issue
Section
Articles