PENGARUH KETERAMPILAN KOMUNIKASI BAHASA INGGRIS TERHADAP MARKETING DALAM BISNIS BERBASIS DIGITAL
Abstract
This study was conducted to collect sufficient information on the influence of English communication skills on marketing in digital business. The method used in this study is through a qualitative study that collects data by interviews with business people in the city of Majenang, Cilacap. The results of this study show the role of English is more used as the language of instruction or Lingua Franca which is necessary for influence in business and marketing. The use of English is most widely done in online marketing. The correct or standard use of English is not strictly necessary for business and marketing purposes. Most research states that English has a considerable influence on business and marketing. Based on the results of this interview, it can be concluded that English plays an important role as one of the communication tools for business and marketing purposes.
Keywords: marketing, English, communication, digital business.
Abstrak
Studi ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi yang cukup terhadap Pengaruh keterampilan komunikasi Bahasa Inggris terhadap pemasaran dalam bisnis berbsis digital. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah melalui studi kualitatif yang mengumpulkan data dengan wawancara pada pebisnis di kota majenang, Cilacap. Hasil dari studi ini menunjukkan peranan Bahasa Inggris lebih digunakan sebagai bahasa pengantar atau Lingua Franca yang perlu untuk pengaruh dalam bisnis dan pemasaran. Penggunaan Bahasa Inggris paling banyak dilakukan di marketing online. Penggunaan Bahasa Inggris yang benar atau sesuai standar tidak terlalu dibutuhkan untuk tujuan bisnis dan pemasaran. Penelitian paling banyak menyebutkan bahwa Bahasa Inggris memberikan pengaruh yang cukup besar bagi bisnis dan pemasaran. Berdasar hasil wawancara ini maka dapat disimpulkan bahwa Bahasa Inggris memegang peranan penting sebagai salah satu alat komunikasi untuk tujuan bisnis dan pemasaran.
Kata Kunci: pemasaraan, Bahasa Inggris, komunikasi, bisnis digital.