EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RUMPUT SILAM (RUMAH PUTAR SIANG DAN MALAM) PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI
Abstract
Day and Night Rotary House learning media is a media or props in the form of a house that can help students in science learning activities in the classroom. This rotary house contains material about science lessons that discuss the process of day and night. This study aims to determine the use and effectiveness of turf media on science learning outcomes and also to determine the use of these media. This research is a type of quantitative research with experimental methods. In this study using two samples, namely the experimental group that was given treatment and the control group that was not given treatment. This research went through three stages, namely the first pre-experiment stage, the second experimental stage (treatment), and the third post-experiment stage. The results of the analysis in this study indicate that the use of grass media has an effectiveness on learning outcomes in science learning. This can be seen from the results of the average post-test scores in the control and experimental groups. 1) The T-test results also show that the sig (2-tailed) value is 0.001 where the value of 0.004 <0.05. Then H0 is rejected and Ha is accepted. 2) The N-Gain Score test results of the experimental class average 56.3 or 56.3% while the control class average 19.3 or 19.3%. This means that there is a difference in the number of means in the two classes. This proves that learning by using grass media is effective on learning outcomes in grade VI.
Keywords: Effectiveness, Silam Grass Media, Learning Outcomes, Natural Science
Â
Abstrak
Â
Media pembelajaran Rumah Putar Siang dan Malam ini merupakan media atau alat peraga berupa sebuah rumah yang dapat membantu siswa dalam kegiatan belajar IPA di kelas. Rumah putar ini berisi materi tentang pelajaran IPA yang membahas tentang proses terjadinya siang dan malam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan efektivitas dari media rumput silam terhadap hasil belajar IPA dan juga mengetahui penggunaan dari media tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan dua sampel yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu pertama tahap pra eksperimen, kedua tahap eksperimen (perlakuan), dan ketiga tahap pasca eksperimen. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media rumput silam memiliki efektivitas terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata post-test pada kelompok kontrol dan eksperimen. 1) Hasil uji-T Test juga menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 dimana nilai 0,004 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Hasil uji N-Gain Score rata-rata kelas eksperimen 56,3 atau 56,3% sedangkan rata-rata kelas kontrol 19,3 atau 19,3% . Artinya terdapat perbedaan jumlah mean pada kedua kelas. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media rumput silam terdapat efektivitas terhadap hasil belajar di kelas VI.
Kata Kunci : Efektivitas, Media Rumput Silam, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
References
Al-Hafiz, Abdul Ra’uf, Cordova Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung:Syaamil Qur’an, 2009.
Ardani, Azizah Dwi, dkk, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasih Permainan Monopoli pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SDâ€, Jurnal Pijar MIPA, Volume 16 No 2, 2021.
Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Arikunto, Suharsimi, Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara,2011.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Arsita Taslim, Friska, Pengembangan Media Lesima (Lemari Siang Dan Malam) Pada Tema 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2021/2022 (Skripsi), Mataram : Universitas Muhammadiyah Mataram, 2022 Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013.
Aslamiah, Penggunaan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Materi Peristiwa Siang Dan Malam Siswa Kelas I Sd Negeri 9 Melai Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019, JKG : Jurnal Guru Kita, Volume 4 No 4, (2020) :81-89
Atmojo, Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains menggunakan Aplikasi Toondoo Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V SD/MI, Lampung: Universitas Lampung, 2019.
Darsono, Max, dkk, Belajar dan Pembelajaran, Semarang: CV. IKIP Semarang Press, 2001.
Daryanto, Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2013
Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Djamaroh, Syaiful Bahri dan Arwan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002 Faizah, Silviana Nur, Hakikat Belajar dan Pembelajaran, AT-THULLAB Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 1 No. 2, 2017.
Falahudin, Iwan, “Pemanfaatan Media Pembelajaran, Jurnal Lingkar Widyaiswara, Volume 1 No 4, 2014. 83 Farda, Ummu Jauharin, dkk, Pengembangan Media Pembelajaran Rumput Silam (Rumah Putar Siang dan Malam) pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyyah, Jurnal COLLASE, Vol.6, No.2, 2023
Farda, Ummu Jauharin, dkk, Validitas Media Pembelajaran Komik Pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains di Madrasah Ibtidaiyyah, Yogyakarta : Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022.
Fauzan dan Fatkhul Arifin, The Effectiveness of Google Meet Media on The Students Learning Out of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Department, Jurnal Pendidikan Guru MI, Volume 6, Nomor 2, 2019
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Hamid, Mustofa Abi et.all., Media Pembelajaran, Jakarta: Yayasan Kita Penulis, 2020.
Hamzah, Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011
Jalinus dan Ambiyar, Media & Sumber Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2016. K, Umum. Peraturan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Komsiyah, Indah, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: TERAS, 2012.
Miharso, Yusuf Hadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2009.
Muhson, Ali, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume 8 No 2, 2010
Mulyadi, Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah, UIN-Maliki Press, Tahun 2010.
Mulyanta, St dan Leong , Tutorial Membangun Multimedia Interaktif, Yogyakarta: Atma Jaya, 2009. Munir, Pembelajaran Jarak Jauh, Bandung: Alfabeta, 2012.
Nasar, Mohammad, Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Proses Terjadinya Siang Dan Malam Mata Pelajaran Ipa Kelas VI SDN Tanjung III Pamekasan (Skripsi), Jember : Universitas Jember, 2010.
Nugraha, Mohmmad Fahmi, Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Tasikmalaya : Edu Publisher, 2020. Nurhasnawati, Media Pembelajaran: Teori dan Aplikasi Pengembangan, (Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau), 2011. 84
Nurita, Teni, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Misykat, Volume 3 No1, 2008
Nurrita,Teni, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Misykat, Volume 03 No. 01, 2018
Pakpahan, Andrew Fermando et.all., Pengembangan Media Pembelajaran, t.t.; Yayasan Kita Menulis, 2020 Prihatin, Eka, Guru Sebagai Fasilitator, Bandung: PT. Karsa Mandiri Persada, 2008. Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta:Pustaka Belajar, 2010.
Ramadhani, Mawar, Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Pembelajaran TIK terhadap Hasil Belajar Siswa (Skripsi), Yogyakarta : UNY, 2012.
Saadi, Fransiska, Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Media Tepat Guna SDN 02 Toho (skripsi), Pontianak: Universitas Tanjungpura, 2013
Sadiman, Arief, Media Pendidikan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2012.
Samura, Asri Ode, Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Volume 4 No. 1 (April 2015) : 69- 79
Soepandi, Daden dan Andina Sopandi, Perkembangan Peserta Didik, Yogyakarta: Deepublish, 2021.
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung:Sinar Baru Algesindo, 2011.
Sudjana,Nana, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan/Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009
Sujana, Atep, Dasar – Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya, Bandung: UPI PRESS, 2014
Sujana, Dasar-Dasar IPA (Konsep dan Aplikasinya), Bandung: UPI Press, 2014.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah, Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik, Jember: Pustaka Abadi, 2017.
Suprihadi, Saputra, Strategi Pembelajaran, Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan, 2006 85 Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi, Yogyakarta: ArrRuzz Media, 2017.
Supriyono, “Pentingnya Media Pembelajaranâ€, Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 2 No 1 (2018)
Susanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011 Tarjo, Metode Penelitian, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019.
Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, cet. 4, 2007) Warsaita, Bambang, Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.
Warson, Bening Samudra Bayu, Strategi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa, t.t.; Guepedia, 2021.