Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilandasi oleh sebuah kenyataan bahwa kebersihan di SMP Negeri 1 Tegowanu Kabupaten Grobogan selama ini tidak dapat maksimal. Sampah berserakan di mana-mana. Tempat sampah yang sudah tersedia tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Kamar mandi/WC siswa terlihat kotor dan bau tidak sedap. Di beberapa lokasi halaman, pekarangan, dan kebun sekolah terlihat kotor karena bekas untuk membakar sampah. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dengan program kegiatan Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) dapat meningkatkan 7K di SMP Negeri 1 Tegowanu, dan (2) seberapa besar peningkatan 7K setelah dilaksanakan program kegiatan Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) di SMP Negeri 1 Tegowanu. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (a) untuk memperoleh informasi yang akurat apakah melalui program kegiatan Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) dapat meningkatkan 7K di SMP negeri 1 Tegowanu dan (b) untuk memperoleh informasi yang akurat mengenai besarnya peningkatan 7K setelah dilaksanakannya kegiatan program kegiatan Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) di SMP Negeri 1 Tegowanu. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Teori yang dipakai dalam penelitian ini meliputi teori-teori tentang hasil belajar, hal-hal yang mempengaruhi hasil belajar, pengertian 7K, pengertian 3R dalam pengelolaan sampah, penciptaan budaya bersih di sekolah, dan dampak lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle), 7K di SMP Negeri 1 Tegowanu meningkat.

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Alamendah. 2010. 3R (Reuse Reduce Recycle) Sampah. http://guru-indonesia.net/
  3. forum/forum_ topik_isi-135.html. diunduh tanggal 1 Juli 2010.
  4. Arikunto, Suharsimi. 1996. Administrasi Pendidikan untuk Sekolah Menengah
  5. Kejuruan. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Arikunto, Suharsimi,Suhardjono, Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
  7. PT. Bumi Aksara.
  8. Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.
  9. Aqib, Zaenal. et all. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, untuk Guru SMP, SMA, SMK.
  10. Bandung: Yrama Widya.
  11. Aqib, Zaenal. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah, untuk Pengawas Sekolah, Kepala
  12. Sekolah, dan Guru. Bandung: Yrama Widya.
  13. Buku Panduan Adiwiyata, Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan 2010,
  14. Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.
  15. Burhanudin. 1990. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Tarsito.
  16. Darmawan, M. 2010. Reduce, Reuse, Recycle + Repair. http://akuinginhijau.org/
  17. / 08/06/ reduce-reuse-recycle-repair/. diunduh 15 Juni 2010.
  18. Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan. 2010. Visi dan Misi Dinas Pendidikan
  19. Kabupaten Grobogan. file:///E:/ Visi %20 Misi %20 %20 %20 Dinas
  20. %20 Kesehatan %20 Kabupaten %20 Grobogan.htm. diunduh 15 Juni
  21. Fasya, Helmi Farid. 2010. Sekolah Bersih, Nyaman Belajar. http://www.smakorpribekasi. sch.id/berita-127-sekolah-bersih-nyaman-belajar.html. diunduh
  22. Juni 2010.
  23. Moleong, Lexi J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
  24. Rosdakarya.
  25. *) Kepala SMP Negeri 1 Tegowanu Kabupaten Grobogan
  26. Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan kelas Itu Mudah.
  27. Jakarta: Bumi Aksara.
  28. Nasution, S. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  29. Patton, Michael Quinn. 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka
  30. Pelajar.
  31. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republoik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007
  32. tentang Standar Penilaian.
  33. Purwanto, M. Ngalim. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  34. Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Badan Penerbit Universitas
  35. Diponegoro.
  36. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
  37. dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  38. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT
  39. Remaja Rosdakarya
  40. Supardi dan Suhardjono. 2009. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.
  41. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  42. Suryabrata, S. 1994. Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Kanisius.
  43. Takari, R Enjah. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Ganesindo.
  44. Yulistyowati, Wiwik Ika. 2010. Sekolah Sehat. http://www.smpn120jakarta.com/
  45. berita/ berita-sekolah/79-sekolah-sehat. diunduh 15 Juni 2010.