Main Article Content

Abstract

playing by learning bermain untuk belajar. Manusia secara kodrati dikatakan sebagai Homo luden makhluk bermain.Dan memang sehatinya kecenderungan manusia adalah untuk bermain. Kami mencoba untuk mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan cara bermain kartu playing card yaitu kartu edukatif yang didesain sebagai kartu bilangan. Permainan ini menerapkan pembelajaran konstektual sebagai bagian dari Quantum math learning (QML). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besaran peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 02 Sidomulyo, kec. Lebakbarang, Kab. Pekalongan pada kompetensi dasar akar pangkat tiga suatu bilangan kubik yang telah mendapat perlakuan pendekatan konstektual learning berorientasi Quantum Math Learning dengan teknik bermain. Skenario pembelajaran dimulai dari konteks kehidupan nyata (daily life) peserta didik yang gemar bermaian. Bermain ini digunakan sebagai sarana pembelajaran. Dengan cara bermain diketahui hasil penelitian bahwa ini dapat meningkatkan minat peserta didik Dalam pembelajaran kompetensi dasar akar pangkat tiga suatu bilangan kubik dan dari hasil tes diperoleh data bahwa nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan pada kondisi sebelum tindakan yaitu 61,1 persen menjadi 76,8 persen pada siklus I dan 86,6 persen pada siklus II. Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup besar yaitu 15,8 persen pada siklus I dan 25,5 persen pada siklus II. Setelah perbaikan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 9,7 persen. Nilai tertinggi mengalami peningkatan dari 8 pada siklus I menjadi 10 pada Siklus II. Kata kunci :Pendekatan kontekstual, teknik bermain, kartu kubik, keaktifan belajar

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Unnes.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bandung: Bumi
  4. Aksara.
  5. Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara.
  6. De Porter, Bobbi, Mark Reardon dan Sarah Singer Nourie. 2004. Quantum Teaching.
  7. Mempraktekan Quantum Learning di ruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa PT Mizan
  8. Pustaka.
  9. BSNP. 2007. Standar Proses. Jakarta: BSNP.
  10. Johson, Elaine B. 2007. Contextual teaching and Lerning.Menjadikan kegiatan Belajar Mengajar
  11. Mengasyikkan dan Bermakna.
  12. Nizar, Achmad. 2009. Konstribusi Matematika dalam membangun daya nalar dan komunikasi
  13. peserta didik. Jurnal Pendidikan Inovatif. (diunduh, 5 september 2010)
  14. Rahadi, Aristo. 2003. Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
  15. Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Universitas
  16. Terbuka
  17. Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Penerbit
  18. JICA-UPI.