Main Article Content

Abstract

Aspek mendasar dari pendidikan Islam adalah upaya melahirkan insan kamil. Dunia pendidikan Islam terbebani dengan asumsi positif bahwa pendidikan Islam sebagai suatu kegiatan yang mulia, sakral, mengandung kebijakan, dalam kenyataannya masih jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. Akibatnya, pendidikan Islam belum mampu melahirkan sosok manusia yang mengedepankan sisi-sisi kemanusiaan (humanisme) nya.

Article Details

References

  1. DAFTAR KEPUSTAKAAN
  2. Al-Abrashy, Muhammad „Atiyah, Dasar-dasar Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan
  3. Bintang,1970.
  4. Azizy, Qodri A., Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial, Semarang,
  5. Aneka Ilmu, 2002.
  6. Chabib Thoha, dkk., Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Kerjasama
  7. Fak. Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dengan Pustaka Pelajar 1999.
  8. Djuwaeli, Irsjad, Pembaruan Kembali Pendidikan Islam, Jakarta, Karsa Utama
  9. Mandiri dan PB Mathla‟ul Anwar, 1998.
  10. Iskandar, Muhaimin, dalam Muh. Hanif Dzakiri, Paulo Freire, Islam dan
  11. Pembebasan, Jakarta, Penerbit Pena dan Penerbit Djambatan, 2000.
  12. Hadjar, Ibnu, 1999, (“Pendekatan Keberagamaan dalam Pemilihan Metode
  13. Pengajaran Pendidikan Agama Islamâ€) dalam Chabib Thoha, dkk.,
  14. Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Kerjasama Fak. Tarbiyah
  15. IAIN Walisongo Semarang dengan Pustaka Pelajar.
  16. Ismail SM, “Konsep Pendidikan Islam; Studi Pemikiran Pendidikan Syeh
  17. Muhammad Naquib al-Attas†Tesis Pascasarjana IAIN Walisongo
  18. Semarang, (Semarang: Perpustakaan Pascasarjana IAIN Walisongo
  19. Semarang, 2002).
  20. Karim, M. Rasuli, “Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pembebasan Manusiaâ€,
  21. dalam Muslih Musa (ed.), Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan
  22. Fakta, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991).
  23. Khan, Achmad Warid, Membebaskan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Kerjasama
  24. Institut Tafsir Wacana (ISTAWA) dengan penerbit Wacana, 2002.
  25. Kuntowijoyo, Paradigma Islam; Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1991.
  26. Ludjito, Ahmad, “Filsafat Pendidikan dalam Islam†dalam Chabib Toha, dkk,
  27. Reformasi Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 1996.
  28. Mas‟ud, Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik;
  29. Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta:
  30. Gama Media, 2002.
  31. ------------, Menuju Paradigma Islam humanis, Yogyakarta: Gama Media, 2003.
  32. Musa, Muslih (ed.), Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta,
  33. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
  34. Nurdin, Syafruddin dan M. Basyiruddin Usman, Guru profesional dan
  35. Implementasi Kurikulum, Jakarta, Ciputat Press, 2003.
  36. Rachmat, Jalaludin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Grafindo Persada,
  37. Sarwoko, Bambang, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, Cet. I, Semarang,
  38. IKIP Semarang Press, 1989.
  39. Syari‟ati, Ali, Humanisme Antara Islam dan Madzhab Barat, Bandung: Pustaka
  40. Hidayah, 1992.
  41. Thoha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar,
  42. Tilaar, H.A.R., Manajemen Pendidikan Nasional ; Kajian Pendidikan Mada
  43. Depan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001, Cet. V.
  44. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar
  45. Bahasa Indonesia, Cet. 3, Jakarta, 1990.