Main Article Content

Abstract

Kenakalan anak usia sekolah menjadi sebuah permasalahan yang perlu dicari solusinya. Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi lembaga pendidikan Islam untuk berperan dalam mengatasi permasalahan tersebut. SMP Islam Sultan Agung 1 menerapkan Budaya Sekolah Islami (BUSI) berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran kepala sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi Manajemen BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam Sultan Agung 1 Seroja Semarang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data mengacu pada Miles dan Huberman, yaitu Reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut 1) Peran Kepala Sekolah dalam perencanaan BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam  Sultan Agung 1 Seroja Semarang tidak sesuai dengan Banghart & Trull. 2) Peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam  Sultan Agung 1 Seroja Semarang masih belum maksimal karena belum mampu mengkoordinir dengan baik dalam pengawasan pelaksanaan program 3) Peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam  Sultan Agung 1 Seroja Semarang tidak sesuai dengan Nanang Fattah karena hanya melakukan evaluasi pada populasi sasaran, sistem penyampaiannya, efek yang mengacaukan, hasil netto dan skokastik. Sedangkan evaluasi  secara komperehansif, cost benefit analisys, perencanaan belum dilakukan.

Kata  Kunci : Peran Kepala Sekolah, Manajemen Budaya Sekolah Islami.

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Nata, Abuddin . 2010. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan
  3. Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
  4. Undang – undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2013, Sistem
  5. Pendidikan Nasional, Pasal 1 butir 1.
  6. Usman, Husaini. 2010. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset
  7. Pendidikan. Cet 2. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Abas, Erjati., 2014. Belajar Seni Memimpin Pada Muhammad. Jakarta
  9. : Elex Media Kompitundo.
  10. Sanaky, Hujair AH.., 2015. Pembaharuan Pendidikan Islam
  11. :Paradigma, Tipologi, dan Pemetaan Menuju Mayarakat
  12. Madani, Yogyakarta : Kaubaba dipantara.
  13. Ulwan, Abdullah Nashih., 1981. Tarbiyatu ‘I-Islam fi – Islam, Alih
  14. Bahasa Saefullah Kamali dan Hery Noer Ali, Cet. 1. Semarang
  15. : Asy Syifa.
  16. Thoyib, Muhammad., 2012. Manajemen Mutu Pendidikan Islam
  17. Kontemporer : Teori, fakta dan Aksi Mutu Pendidikan Islam
  18. dalam Konteks Internasionalisasi Pendidikan Indonesia,
  19. Jakarta : Direktorat Pendidikan Tinggi Islam.
  20. Zaenuddin, Muhadi., Abd. Mustaqim., 2012. Studi Kepemimpinan
  21. Islam Konsep, Teori, dan Prakteknya dalam Sejarah.
  22. Yogyakarta, SUKA-Press.
  23. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
  24. PROGRES – Volume 4 Nomor l tahun 20l6
  25. Pidarta, Made., , 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta :
  26. Rineka Cipta.
  27. Mustakim, Bagus. 2011. Pendidikan Karakter, Membangun Delapan
  28. Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta:
  29. Samudra Biru.
  30. Fathurrohman., Pupuh. dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan
  31. Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
  32. Ghony., M. Djunaidi,. Fauzan Almansur. 2012. Metodologi Penelitian
  33. Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  34. Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta:
  35. Bigraf Publising.
  36. Fattah, Nanang., 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung:
  37. Remaja Rosyda Karya.
  38. Mutohar, Prim Masrokan., 2013. Manajemen Mutu Sekolah (Strategi
  39. Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan
  40. Islam), Cet. 1,. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.