Main Article Content
Abstract
Kenakalan anak usia sekolah menjadi sebuah permasalahan yang perlu dicari solusinya. Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi lembaga pendidikan Islam untuk berperan dalam mengatasi permasalahan tersebut. SMP Islam Sultan Agung 1 menerapkan Budaya Sekolah Islami (BUSI) berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran kepala sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi Manajemen BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam Sultan Agung 1 Seroja Semarang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data mengacu pada Miles dan Huberman, yaitu Reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut 1) Peran Kepala Sekolah dalam perencanaan BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam Sultan Agung 1 Seroja Semarang tidak sesuai dengan Banghart & Trull. 2) Peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam Sultan Agung 1 Seroja Semarang masih belum maksimal karena belum mampu mengkoordinir dengan baik dalam pengawasan pelaksanaan program 3) Peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan BUSI berbasis pendidikan karakter di SMP Islam Sultan Agung 1 Seroja Semarang tidak sesuai dengan Nanang Fattah karena hanya melakukan evaluasi pada populasi sasaran, sistem penyampaiannya, efek yang mengacaukan, hasil netto dan skokastik. Sedangkan evaluasi secara komperehansif, cost benefit analisys, perencanaan belum dilakukan.
Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Manajemen Budaya Sekolah Islami.
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Nata, Abuddin . 2010. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan
- Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
- Undang – undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2013, Sistem
- Pendidikan Nasional, Pasal 1 butir 1.
- Usman, Husaini. 2010. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset
- Pendidikan. Cet 2. Jakarta: Bumi Aksara.
- Abas, Erjati., 2014. Belajar Seni Memimpin Pada Muhammad. Jakarta
- : Elex Media Kompitundo.
- Sanaky, Hujair AH.., 2015. Pembaharuan Pendidikan Islam
- :Paradigma, Tipologi, dan Pemetaan Menuju Mayarakat
- Madani, Yogyakarta : Kaubaba dipantara.
- Ulwan, Abdullah Nashih., 1981. Tarbiyatu ‘I-Islam fi – Islam, Alih
- Bahasa Saefullah Kamali dan Hery Noer Ali, Cet. 1. Semarang
- : Asy Syifa.
- Thoyib, Muhammad., 2012. Manajemen Mutu Pendidikan Islam
- Kontemporer : Teori, fakta dan Aksi Mutu Pendidikan Islam
- dalam Konteks Internasionalisasi Pendidikan Indonesia,
- Jakarta : Direktorat Pendidikan Tinggi Islam.
- Zaenuddin, Muhadi., Abd. Mustaqim., 2012. Studi Kepemimpinan
- Islam Konsep, Teori, dan Prakteknya dalam Sejarah.
- Yogyakarta, SUKA-Press.
- Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
- PROGRES – Volume 4 Nomor l tahun 20l6
- Pidarta, Made., , 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta :
- Rineka Cipta.
- Mustakim, Bagus. 2011. Pendidikan Karakter, Membangun Delapan
- Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta:
- Samudra Biru.
- Fathurrohman., Pupuh. dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan
- Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
- Ghony., M. Djunaidi,. Fauzan Almansur. 2012. Metodologi Penelitian
- Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
- Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta:
- Bigraf Publising.
- Fattah, Nanang., 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung:
- Remaja Rosyda Karya.
- Mutohar, Prim Masrokan., 2013. Manajemen Mutu Sekolah (Strategi
- Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan
- Islam), Cet. 1,. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
References
DAFTAR PUSTAKA
Nata, Abuddin . 2010. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan
Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Undang – undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2013, Sistem
Pendidikan Nasional, Pasal 1 butir 1.
Usman, Husaini. 2010. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset
Pendidikan. Cet 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Abas, Erjati., 2014. Belajar Seni Memimpin Pada Muhammad. Jakarta
: Elex Media Kompitundo.
Sanaky, Hujair AH.., 2015. Pembaharuan Pendidikan Islam
:Paradigma, Tipologi, dan Pemetaan Menuju Mayarakat
Madani, Yogyakarta : Kaubaba dipantara.
Ulwan, Abdullah Nashih., 1981. Tarbiyatu ‘I-Islam fi – Islam, Alih
Bahasa Saefullah Kamali dan Hery Noer Ali, Cet. 1. Semarang
: Asy Syifa.
Thoyib, Muhammad., 2012. Manajemen Mutu Pendidikan Islam
Kontemporer : Teori, fakta dan Aksi Mutu Pendidikan Islam
dalam Konteks Internasionalisasi Pendidikan Indonesia,
Jakarta : Direktorat Pendidikan Tinggi Islam.
Zaenuddin, Muhadi., Abd. Mustaqim., 2012. Studi Kepemimpinan
Islam Konsep, Teori, dan Prakteknya dalam Sejarah.
Yogyakarta, SUKA-Press.
Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
PROGRES – Volume 4 Nomor l tahun 20l6
Pidarta, Made., , 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta :
Rineka Cipta.
Mustakim, Bagus. 2011. Pendidikan Karakter, Membangun Delapan
Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta:
Samudra Biru.
Fathurrohman., Pupuh. dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan
Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Ghony., M. Djunaidi,. Fauzan Almansur. 2012. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta:
Bigraf Publising.
Fattah, Nanang., 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosyda Karya.
Mutohar, Prim Masrokan., 2013. Manajemen Mutu Sekolah (Strategi
Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan
Islam), Cet. 1,. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.