Main Article Content

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu mendapat perhatian dalam pembelajaran di sekolah. Permasalahan dalam proses pembelajaran di lokasi penelitian yakni rendahnya semangat dan motivasi belajar siswa, kurang adanya kerjasama antar siswa dalam kelas untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam pembelajaran. Fenomena tersebut memotivasi peneliti untuk mengadakan penelitian tindakan kelas yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran reading dan writing narative text pada siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Rembang dengan menggunakan model cooperative learningâ€. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II. Hasil tes keterampilan membaca dan menulis narrative text siswa pada siklus I secara klasikal mencapai nilai rata-rata 75%. Persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I masih belum memenuhi batas ketuntasan yang ditentukan, yaitu 100%, oleh karena itu, masih diperlukan perbaikan pada siklus II. Setelah dilaksanakan perbaikan pada siklus II maka diperoleh hasil tes keterampilan menulis dan membaca narrative text secara klasikal mencapai nilai rata-rata 81.74 atau berkategori baik dan telah mencapai ketuntasan sebesar 100% sesuai dengan indikator kinerja yang direncanakan. Rata-rata nilai pada siklus II ini menunjukkan peningkatan sebesar 4.01 poin dibandingkan dengan rata-rata nilai pada siklus I dan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada prasiklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam membaca dan menulis narrative text telah mencapai target ketuntasan 100%               

 

Kata Kunci: Hasil belajar, Reading dan writing Narrative text, Cooperative Learning

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Chaedar, Bunga Rampai Pendidikan Berbahasa Indonesia, Bandung:
  3. Angkasa, 2000.
  4. Ali Mustofa, Pengantar Buku Ayo Membaca, Surabaya: KPI, 2002.
  5. Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Pakem,
  6. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
  7. Degeng, Nyoman S, Paradigma Baru Sistem Pembelajaran, Malang:
  8. Universitas Negeri Malang, 2004.
  9. Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Pendidikan Dasar dan
  10. Menengah.
  11. Djibran, Fadh, Writing is Amazing, Yogyakarta: Juxtapose, 2008.
  12. Hari Suderadjat, Implementasi KBK, Bandung:Cipta Cekas Grafika,
  13. Isjoni, Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta, 2011.
  14. Lie, Anita. Cooperative Learning,Jakarta: Gramedia Widiasarana,
  15. Slavin, Robert E, Cooperative Learning Teori, Riset dan
  16. Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media,
  17. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
  18. PROGRES – Volume 4 Nomor l tahun 20l6
  19. Tarigan, Membaca Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung:
  20. Angkasa, 2008.
  21. Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta:
  22. Kencana, 2000.