Main Article Content

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya merupakan usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian yang berlangsung seumur hidup baik disekolah maupun madrasah. Pendidikan juga bermakna proses membantu individu baik jasmani dan rohani kearah terbentuknya kepribadian utama pribadi yang berkualitas, dalam konteks Islam pendidikan bermakna bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmah mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh dan mengawasi beralakunya semua ajaran Islam. Dalam kaitan ini, Peran bimbingan dan konseling Islam dalam pendidikan merupakan usaha membantu individu untuk menjadi manusia yang berkembang dalam hal pendidikan dan membentuk kepribadian yang berguna dalam kehidupannya yang memiliki berbagai wawasan, pandangan, interpretasi, pilihan, penyesuaian dan keterampilan yang tepat berkenan dengan diri sendiri dan lingkungannya. Sehingga urgensi Bimbingan dan Konseling Islam sangat penting guna mencapai perekembangan dan keoptimalan dalam proses pendidikan.

Kata kunci: Bimbingan Konseling, Islam, dan Pendidikan

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Al-Shawi, Ahmad bin Muhammad al-Mali, Syarh al-Shawi `ala Auhar
  3. al-Tauhid. Tk.
  4. Anwar, Sutoyo. 2007. Bimbingan dan Konseling Islami. Yogy
  5. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
  6. PROGRES – Volume 4 Nomor l tahun 20l6
  7. Arifin dan Thohirin. Bimbingan dan Konseling di sekolah dan Madrasah
  8. (berbasis Itegrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  9. Aswadi, http://komunitaskalikidang.blogspot.co.id/2013/05/bimbingandan-konseling-Islami.html diakses dari google pukul 10:54.
  10. Asy`ari, Ahm dkk. 2004. Pengantar Studi Islam. Surabaya: IAIN Sunan
  11. Ampel, Ahmad bin Muhammad al-Mali al-Shawi, Syarh al-Shawi
  12. `ala Auhar al-Tauhid.
  13. Aunur, Rahim Faqih.2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam.
  14. Jakarta: UII press.
  15. Budiarianto, Ahmad, dalam Http://.blogspot.co.id/2011/04/makalah-bkIslam.html , diakses dari google pukul 11:11
  16. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga
  17. Kependidikan depaartemen Pendidikan Nasional, 2007. Ramburambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur
  18. Pendidikan Formal. Jakarta.
  19. Farid, Imam Sayuti.2002. Pokok-Pokok Bahasan Tentang Bimbingan
  20. Penyuluhan Agama Sebagai Teknik Dakwah. Bandung: Alfabetha.
  21. Gibson, Robert L. dan Marianne H. Mitchell, 2010. Bimbingan dan
  22. Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  23. Hariyanto, Farid, 2007. Bimbingan dan Konseling di sekolah dan
  24. Madrasah : berbasis itegrasi, Jakarta: PT Raja grafindo.
  25. , 2007. Makalah dalam Seminar Bimbingan dan Konseling
  26. Agama Jakarta: Admin.
  27. , Http://belajarpsikologi.com/sejarah-lahirnya-bimbingan-dankonseling/ diakses dari google tanggal 25 Maret 2016 pada pukul
  28. 30.
  29. Https://Konserissumbar.Wordpress.Com/2015/12/01/Tujuan-BimbinganDan-Konseling-Islami/ diakses dari google pada pukul 11:51
  30. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
  31. PROGRES – Volume 4 Nomor l tahun 20l6
  32. Komalasari, Gantina dkk., 2010. Teori dan Teknik Konseling.Jakarta: PT.
  33. Indeks.
  34. Latipun. 2006. Psikologi Konseling, Malang: Penerbitan UMM.
  35. Mubarok, Ahmad, 2002, Al-Irsyad an Nafsy, Konseling Agama Teori
  36. dan Kasus. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.
  37. Prayitno dan Erman Amti, 2004. Dasar-daras Bimb ingan dan
  38. Konseling.Jakarta: Rineka Cipta.
  39. Surya, Mohammad.2003. Psikologi konseling,. Bandung: Pustaka Bani
  40. Quraisy.
  41. Walgito, Bimo, Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Andi Offset.