Main Article Content

Abstract

Abstrak

 

Perkembangan Pendidikan Islam secara kelembagaan dari zaman klasik islam sampai saat ini tampak berbagai bentuk yang bervariasi, disamping lembaga bersifat umum seperti: kuttab, masjid, dan lembaga-lembaga yang mencerminkan kekhasan islam dan kemudian berkembang menjadi Madrasah. Madrasah menjadi pokok permasalahan tersendiri dan begitu menarik untuk dibahas dalam menjadi bahan pembicaraan tentang madrasah, Kebangkitan madrasah merupakan awal dari bentuk pelembagaan pendidikan Islam secara formal. Menariknya pembahasan madarasah ini untuk diteliti, merujuk pada sisi keilmuan, dimana yang ilmu-ilmu diajarkan di madrasah pada umumnya masih merupakan kelanjutan dari yang diajarkan di masjid, hingga akhirnya perkembangan kelembagaan pendidikan Islam menjadi madrasah Nizhamiyah

Kata kunci: Madrasah, Klasik, Sistem, Nizamiyah

Abstract

The development of Islamic Education institutionally from Islamic classical period to the present seems various forms, in addition the general institutions such as kuttab, mosque, and institutions that reflect the peculiarities of Islam and then develop into Madrasah. Madrasah is the subject of particular problems and so interesting to be discussed. Madrasah awakening is the beginning of the Islamic education institute formally. Interesting discussion of this madarasah to be examined, referring to the scientific side, where the sciences taught in madrasah in general is still a continuation of that taught in the mosque, until the institutional development of Islamic education into madrasah Nizhamiyah

Keywords: Madrasah, Classical, System, Nizamiyah

Keywords

Kata kunci Madrasah Klasik Sistem Nizamiyah

Article Details

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Abu Luwis al-Yasu'I, al-Munjid fi al-Lughah wa al-Munjid Fi al-A'lam
  3. Cet-23, Dar-masriq, Beirut.
  4. Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam: Pada Periode Klasik dan
  5. Pertengahan, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004).
  6. Abdurrahman Mas’ud, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik,
  7. (Yogyakarta: Gama Media, 2002).
  8. Ahmad Amin, Dluhâ al-Islâm, vol. 2 (Kairo: Lajnah al-Ta’lif wa alTarjamah wa al-Nashr, 1952).
  9. Ahmad Syalabi, al-Tarbiyyah wa al-Ta’lîm fi al-Fikr al-Islâmîy (Kairo:
  10. Maktab al- Nahdlah, 1979).
  11. Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam III, (Jakarta:Grafindo Persada,
  12. .
  13. Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo
  14. Persada, 2000).
  15. Charles Michael Stanton, Pendidikan Tinggi dalam Islam, ter. Afandi dan
  16. Hasan Asari (Jakarta: Logos, 1994).
  17. Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam jilid 4, cetakan ke10, (Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002).
  18. G. E. Bosworth, Dinasti-Dinasti, Judul Asli: The Islamic Dinasties,
  19. Penerj:Ilyas Hasan, (Menchester: Mizan, 1993).
  20. George Makdisi, Religion, Law and Learning in Classical Islam (Great
  21. Britain: Variorum, 1991).
  22. George Makdisi, The Rise of Colleges, Institution of Learning in Islam
  23. and the West (Edinburgh: Edinburgh University Press, 1981).
  24. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
  25. Progress – Volume 6, No. 1, Juni 2018
  26. Hasan Ibrahim Hasan, Târîkh al-Islâm al-Siyâsiy wa al-Dînîy wa alTsaqafîy wa al-Ijtimâ’iy, Vol.4 (Kairo: al-Nahdlah al-Misriyyah,
  27. .
  28. H.A. Malik fadjar, Visi Pembaharuan Pendidikan Islam, (Jakarta :
  29. LP3NI, 1998).
  30. Nashabe, Muslim Educational Institution (Beirut: Riyad Salh Square,
  31. .
  32. Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta; PT Hidakarya,
  33. Agung, 1992).
  34. Naji Ma’ruf, Madarisu Qobla Al-Nizhamiyah, (Baghdad: Mathba’ah alMajma’ al-‘Ilmi al-‘Iraqi, cet. I, 1393 H/1973 M).
  35. Nina M. Armando (ed. Bahasa), Ensiklopedia Islam , (Jakarta: Icthiar
  36. Baru van Hoeve, 2005).
  37. Rahman, Fazlur, Education The Schools - The Character Of Medieval
  38. Islamic Learning - Curriculum And Institution, (Materi Kuliah
  39. Sejarah Sosial dan Kelembagaan Islam Program Doktor UIN
  40. Sunan Kalijaga 2014).
  41. Samsul Nizar, Sejarah PendidikaN Islam: Menelusuri Jejak Sejarah
  42. Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia, (Jakarta:Kencana,
  43. .
  44. Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah, Ensiklopedi Islam Indonesia,
  45. (Jakarta: Djambatan, 1992).