Main Article Content

Abstract

Abstrak

Dalam proses pembelajaran, idealnya siswa dituntuk aktif dan berintelegensi tinggi namun tidak individualis, jadi para pendidik hendaknya menggunakan metode yang variatif. Namun dalam pembelajaran SKI pada madrasah-madrasah khususnya di daerah Karangawen masih menggunakan metode konvensional jadi terkesan monoton sehingga siswa kurang aktif dan cenderung tidak merata dalam sebaran hasil, sehingga terkesan individualis. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran SKI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik dalam proses maupun hasil. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental sehingga memerlukan adanya dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, untuk mengetahui perbedaan kualitas pembelajaran anatara keduanya. Pre test dan post test pun dilakukan untuk mengukur keberhasilan dari kedua kelompok responden.beberapa hal yang harus dilakukan terkait prosedur penelitian pun dilakukan seperti uji validitas dan reliabilitas intrumen, serta uji normalitas dan homoginitas sebaran responden.

Kata Kunci: Cooperative Learning, Jigsaw, Eksperimen.

 

Abstract

In learning process, students are expected to be active and have high intelligent but not individualistic, so educators should use various methods. However, in the study of SKI in madrasahs especially in Karangawen still using conventional methods and it so monoton and make students are less active and tend to uneven in distribution result, so impressed individualist. Therefore, it is necessary to conduct research on Cooperative Learning method of Jigsaw technique in learning SKI to improve the quality of learning both in process and outcome. This study is an experimental study that requires the existence of two experimental groups and control groups, to determine the difference between the quality of learning between the two. Pre test and post test were also conducted to measure the success of both groups of respondents. Some things to do related to the research procedure were performed such as validity and reliability test of intruments, as well as normality and homogeneity test of respondent's distribution.

Keyword: Cooperative Learning, Jigsaw, Eksperiments

 

Keywords

Kata Kunci Cooperative Learning Jigsaw Eksperimen.

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
  3. Praktek, Jakarta: PT Rieneka Cipta.
  4. Dimyati, et.al, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Rieneka
  5. Cipta.
  6. Djamarah, Syaiful Bahri, 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:
  7. Rieneka Cipta.
  8. Hadi, Sutrisno, 2010. Metodologi Research I, Yogyakarta: Andi Offset.
  9. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
  10. Progress – Volume 6, No. 1, Juni 2018
  11. Hayati, Nur, “ Eksperimentasi metode cooperative learning teknik jigsaw
  12. dalam pembelajaran qiro’ah di Madrasah Aliyah Negeri Gandekan
  13. Bantul Yogyakarta.†skripsi, Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan
  14. Kalijaga Yogyakarta, 2008.
  15. Isjoni, Cooperative Learning, efektifitas pembelajaran kelompok,
  16. Bandung: Alfa Beta, 2009.
  17. Koentjaraningrat, 1990. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: PT
  18. Rieneka Cipta.
  19. Kuntowijoyo, 2005. Pengantar ilmu sejarah, Bandung: PT Bentang
  20. Pustaka.
  21. Lie, Anita, 2008. Cooperative learning Mempraktekan Cooperative
  22. Learnng di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: PT Grassindo.
  23. Pokja Akademika UIN SUKA, 2010. Sejarah kebudayaan
  24. Islam,Yogyakarta: UIN Press.
  25. Silberman, Mel, 2010. Active Learning, Penerjemah: Sarjuli et.al,
  26. Yogyakarta; Pustaka Insan Madani.
  27. Sudijono, Anas, 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja
  28. Grafindo Persada.
  29. , 2009. Pengantar Statistik pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo
  30. Persada.
  31. Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif
  32. Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfa Beta.
  33. , 2009. Model-model pembelajaran Inovatif, Surakarta: Panitia
  34. Sertifikasi guru rayon 13 UNS Surakarta.
  35. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
  36. Progress – Volume 6, No. 1, Juni 2018
  37. Suprijono, Agus, 2009. Cooperative Learning, Teori Dan Aplikasi
  38. PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  39. Suwardi, 2008. “ Eksperimentasi Role Play pada Pembelajaran
  40. Muhadatsah di Madrasah dirosah Islamiyah Dan Arab (MADINA)
  41. Mlati Sleman Yogyakartaâ€, skripsi, Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan
  42. Kalijaga Yogyakarta.
  43. Syukur, Fatah, “Pengajaran Sejarah dan Problematikanyaâ€,
  44. www.Hitsuke.Blogspot.com dalam Google.com, 2010