Main Article Content

Abstract

Abstrak

Madrasah sebagai tempat pembelajaran dan pendidikan peserta didik dalam mendapatkan ilmu pengetahuan, tingkah laku dan kepribadian yang baik sehingga tanpa disertai dengan pemahaman yang baik tentang perilaku manusia atau tepatnya kepribadian, akan sulit menjalin interaksi dan sosialisasi guna mencapai pendidikan yang optimal kepada peserta didik. Untuk itu Guru ditugaskan untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian anak didiknya, seperti watak dan sifat anak didiknya serta Guru juga harus memahami keberadaan setiap individu atau peserta didik sebagai wujud yang utuh, menangani setiap permasalahan yang muncul dari diri peserta didik dalam peroses belajar melalui pendekatan psikologi. Psikologi kepribadian merupakan tentang kekuatan psikologi yang membuat setiap individu unik dimana alasan seseorang bertingkah laku dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan lingkungan yang selalu berkembang dan berubah melibatkan kerja tubuh dan jiwa yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga psikologi kepribadian dalam pendidikan di madrasah memberikan kontribusi dalam proses pendidikan.

Kata kunci: Psikologi Kepribadian; Pendidikan dan Madrasah

 

Abstract

 

Madrasah as a place for learning and educate the learners in getting knowledge, behavior and good personality so without accompanied by a good understanding of human behavior or precisely personality, it will be difficult to establish interaction and socialization in order to achieve optimal education to learners. For that teacher is assigned to form and develop the personality of their students, such as character and nature of their students and teachers also must understand the existence of each individual or learners as a whole, addressing every problem that arises from the learners themselves in learning through psychological approach. Personality psychology is about the power of psychology that makes each individual unique where the reason someone behaves influenced by innate and changing factors of the environment and involves work of body and soul that is able to adapt to the environment so that the psychology of personality in education in the madrasah contributes in the process of education.

Keywords: Psychology of personality; education and Madrasah

 

Keywords

Kata kunci Psikologi Kepribadian Pendidikan dan Madrasah

Article Details

References

  1. Abu Ahmadi.2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Agus Sujianto, dkk. 2016. Psikologi Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Danim, Sudarwan. Khairil. 2014. Psikologi Pendidikan dalam Prespektif Baru. Bandung: ALFABETA.
  4. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim 113 Progress – Volume 6, No. 1, Juni 2018
  5. Gunarsa Singgih.1995. Psikologi Praktis, Anak, Remaja dan Keluarga.Jakarta: Gunung Mulia.
  6. Hasbullah. 1996. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan
  7. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  8. Hutagalung , Inge. 2007. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: PT INDEKS(2007).
  9. Jalaluddin. 2009. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  10. Koesworo.2001.Teori – teori Kepribadian.Bandung: Eresco.
  11. Laura A. King 2012. Psikologi Umum.Salemba: Humanika.
  12. Liftiah.2013. Pengantar Psikodiagnostik.UNNES Press 2013.
  13. Mahmudi.2013.Psikologi Pendidikan.Bandung:CV.Pustaka Setia.
  14. Paul Henry Mussen. 1994. Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Arcan.
  15. Prawira, Purwa Armaja. 2014. Psikologi Kepribadian. Jogjakarta: ArRuzz Media
  16. Sarlito W. Sarwono. 2013. Pengantar Psikologi Umum. Rajawali Pers.
  17. Sjarkawi.2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
  18. Sujianto, Agus, Lubis, Halem, dan Hadi, Taufik, Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara
  19. Surya, Brata, Sumardi.2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Grafisindo Persada.
  20. Syah, Muhibbin.2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
  21. Winkel,W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.