Main Article Content

Abstract

Abstrak

Kurikulum merupakan suatu program pendidikan yang disediakan untuk
kegiatan pembelajaran bagi siswa. Kurikulum pada dasarnya tidak terbatas
pada sejumlah mata pelajaran saja, melainkan meliputi segala sesuatu yang
dapat mempengaruhi perkembangan siswa, seperti bangunan sekolah, alat
pelajaran, perlengkapan, perpustakaan, gambar-gambar, halaman sekolah, dan
lain-lain, yang pada gilirannya menyediakan kemungkinan belajar secara efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kurikulum
di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah. Berdasarkan hasil penelitian di SMP
Qaryah Thayyibah dapat diketahui bahwa implementasi manajemen kurikulum
tidak menggunakan standar kurikulum nasional, melainkan membuat desain
kurikuluim tersendiri, sesuai dengan pengantar buku pendidikan Alternatif
Qaryah Thayyibah. SMP Alternatif Qaryah Thayyibah dalam
mengimplementasikan kurikulum lebih mengedepankan kebutuhan, terutama
ditekankan pada kebutuhan belajar peserta didik.
Kata Kunci: Implementasi, manajemen, kurikulum
Abstract

Curriculum is an educational program that provided for the learning
activities for students. Curriculum is basically limited to the number of subjects
only, but includes everything that can affect the development of students, such as
school buildings, learning tool, equipment, libraries, pictures, school yard, and
others, which in turn provides the possibility to learn effectively. This study aims to
determine the implementation of the curriculum at junior management
Alternative Thayyibah Qaryah. Based on the results of research in Qaryah
Thayyibah SMP can be seen that the implementation of curriculum management
does not use a standard national curriculum, but makes its own kurikuluim design,
according to the introduction to the book Alternative education Qaryah
Thayyibah. Alternative SMP Qaryah Thayyibah in implementing the curriculum
emphasizes the need, especially the emphasis on the needs of learners.

Keywords: implementation, management, curriculum

Keywords

implementation management curriculum

Article Details

References

  1. Bakhri, Syamsul. Islam dan Wacana Radikalisme Agama Kontemporer.
  2. Jurnal DINIKA Vol 3. No. 1 January, 2004.
  3. Hasani et. all, Ismail, Radikalisme Islam di Jabotabek dan Jawa barat:
  4. Implikasinya terhadap Jaminan Kebebasan Beragama/
  5. Berkeyakinan, (Jakarta: SETARA INSTITUTE, 2011).
  6. IAIN Syarif Hidayatullah. 1992. Ensiklopedi Islam Indonesia. Jakarta:
  7. Djambatan.
  8. Imarah, Muhammad. 1999. Fundamentalisme dalam Perspektif Barat dan
  9. Islam, Terjemahan Abdul Hayyie al-Kattani, Jakarta: Gema Insani
  10. Press.
  11. Kuntowijoyo. 1997. Identitas politik Umat Islam. Bandung: Mizan.
  12. Madjid, Nurcholis. 1995. Islam Agama Peradaban; Mencari Makna dan
  13. Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah. Jakarta: Paramadina.
  14. Misrawi, Zuhairi. 2010. Al-Quran Kitab Toleransi, Jakarta: Grasindo.
  15. Muhammad, Afif. 2013. Agama dan Konflik Sosial; Studi Pengalaman di
  16. Indonesia. Bandung: Marja.
  17. Munip, Abdul. Menangkal Radikalisme di sekolah. Jurnal pendidikan Islam
  18. Vol 1 No. 2 Desember 2012 Badan Litbang dan Diklat Departemen
  19. Agama RI.
  20. Nasution, Harun. 1995. Islam Rasional. Bandung: Mizan.
  21. Nuhrison M. Nuh. Faktor-faktor Penyebab Munculnya Faham atau Gerakan
  22. Islam Radikal di Indonesia. Jurnal Harmoni Vol.VIII, No. 30, April -
  23. Juni 2009.
  24. Pusat Bahasa Depdiknas RI. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:
  25. Depdiknas.
  26. Suradinata, Ermaya. 2004. Radikalisme dan Masa Depan Bangsa. Makalah
  27. Seminar Nasional “Masa Depan Bangsa dan Radikalisme Agamaâ€
  28. diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin, IAIN Sunan Gunung Jati
  29. Bandung pada tanggal 17 Juni 2004.
  30. Tim Penyusun DITPAIS Kemenag. 2010. Panduan Model Kurikulum PAI
  31. Berbasis Multikultural. Jakarta : Ditjen Pendis.
  32. Zada, Khamami. 2002. Islam Radikal; Pergulatan Ormas-ormas Islam Garis
  33. Keras di Indonesia. Jakarta: Teraju.