Main Article Content

Abstract

Abstrak

Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, khusunya dalam
kegiatan berkomunikasi. Demikian pula peran bahasa bagi anak, bahasa memberi
sumbangan yang signifikan dalam perkembangan anak menjadi dewasa. Piaget
memandang bahwa anak memainkan peran aktif didalam menyusun
pengetahuannya mengenai realitas, anak tidak pasif menerima informasi. Sehingga
dengan kemampuan kognitif ini, anak akan mampu berkomunikasi sesuai dengan
perkembangannya. Bahasa yang diwujudkan dalam sebuah kata-kata adalah bentuk
representasi dari sebuah fakta, yang pada akhirnya mengklasifikasikan dalam
kategori yang berbeda-beda dan memunculkan perbedaan budaya satu dengan
budaya yang lain. Dengan demikian, bahasa mampu memfasilitasi potensi anak
untuk menalar dan berfikir sehingga pengetahuan anak akan berkembang.
Kata Kunci: Bahasa, perkembangan kognisi, anak


Abstract

Language has an important role in human life, especially to communicate. And also
for children, language gives significant contribution in their growth. Piaget saw that
the children play important roles in constructing their knowledge about reality. The
children are not taking the information passively. So, with their cognitive ability the
children can communicate appropriate to their development. The language in the
form of words is representation of fact which eventully will classify different
categories and initiate the differentiation among cultures. Thus, the language assist
children’s potentials to comprehend and think so that their knowledge will be
developed.
Keywords ; Language, Cognitive Development, Children

Keywords

Language Cognitive Development Children

Article Details

References

  1. A. Martuti. Mendirikan dan Mengelola PAUD, Manajemen Administrasi
  2. dan Strategi Pembelajaran. Yogjakarta: Kreasi Wacana, 2009.
  3. Azhim, Syakir Abdul. Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Depok:
  4. Gema Insani Press, 2011
  5. B.R. Hergenhahn & Matthew H. Olson. Theories oF Learning (Teori
  6. Belajar) , Terj. Tri Wibowo. Jakarta: Kencana, 2008.
  7. Berk, Laura E. Development through the Lifespan. Boston: Pearson,
  8. Chaer, A. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  9. Dardjowidjojo, S. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa
  10. Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2010.
  11. Elfi Yuliani Rochmah. Psikologi Perkembangan. Ponorogo: STAIN
  12. Ponorogo Press, bekerja sama dengan Penerbit Teras
  13. Yogyakarta, 2005.
  14. Hunt, Alan dan David Beglar. Current Research and Practise in Teaching
  15. Kosakata, Methodology in Language Teaching (CUP). New York ;
  16. Cambridge University Press, 2002.
  17. Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka
  18. Pelajar, 2009.
  19. Muallifah. Psycho Islamic Smart Parenting. Yogyakarta: Diva Press,
  20. Resmini, Novi. Bahan Belajar Mandiri: Pembinaan dan Pengembangan
  21. Pembalajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Pers.
  22. Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, terj. Tri Wibowo B.S. Jakarta:
  23. Kencana, 2007.
  24. Yeni Rahmawati & Euis Kurniati. Srategi pengembangan Kreativitas
  25. Pada Anak. Jakarta: Kencana, 2010.