Main Article Content
Abstract
This research is conducted with the aim to find out the reasons for the
implementation of Islamic Education in the Christian Education Institute and
to find out the problem of learning Islamic Education in the Christian
Education Institution and its solution. This is a qualitative descriptive
research with the data sources of documents and interviews. The technique
of data collection is through observation, documentation and interviews. The
technique of data analyzing is inductively using the Miles and Huberman
model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing.
The approach used is a interaksi edukatif approach. The results showed that
the reason of applying an Islamic Education learning in SMK Penabur
Purworejo due to the government regulation to implement Religious
Education in each Educational institution.
Keywords: Implementation, Problems, Solution
Abstrak
Penelitianini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui alasan
diimplementasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga
Pendidikan Kristen dan untuk mengetahui problem pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Lembaga Pendidikan Kristen serta solusinya. Jenis
penelitian ini kualitatif diskriptif dengan sumber data dokumen dan
narasumber.Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan
wawancara. Teknik analisis data penelitian secara induktif dengan
menggunakan modelMiles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan interaksi edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pembelajaran PAI di SMK Penabur Purworejo karena mengikuti peraturan
pemerintah untuk mengimplementasikan Pendidikan Agama di setiap
lembaga Pendidikan.
Kata kunci: Implementasi, Problematika, Solusi
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Albab, Hayyan Ahmad Ulul. 2015. “Problematika Pembelajaran Pendidikan
- Agama Islam Bagi Siswa Autis (studi kasus di SMA Galuh Handayani
- Surabaya)â€. Tesis.Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
- Surabaya.
- Anjani, Dian & Abdul Majid. 2005.Pendidikan Agama Islam Berbasis
- Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum, Bandung: Remaja
- Rosdakarya.
- Arifin, Muzayyin. 2003.Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi
- Aksara.
- Depertemen Pendidikan Nasional.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia
- edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.
- Drajad, Zakiyah. 2001.Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi
- Aksara.
- Gunawan, Imam. 2015.Metodologi Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik.
- Jakarta: Bumi Aksara.
- Hamalik, Oemar. 2008.Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
- Hidayat, Qomrudin, dkk. 2009.Mereka Berbicara Pendidikan Islam. Sebuah
- Bunga Rampai, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Ikhwani.2017. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
- Solusi yang dilakukan Sekolah dan Guru PAI di SMA N Takalarâ€.
- Skripsi.Sarjana UIN Alaudin Makasar.
- Kholidah, Lilik Nur & Ahmad Munjin Nasih. 2009.Metode dan Teknik
- Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Refika Aditama,
- Lias,Hasibuan. 2010.Kurikulum & Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gedung
- Persada.
- Margono, S. 2010.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Moleong, Lexy J. 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
- Rosdakarya.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
- PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 26
- Muallimah.2014. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
- SMA Negeri 3 Medanâ€. Tesis.Pascasarjana Institut Agama Islam
- Negeri Sumatera Utara Medan.
- Muhaimin. 2007.Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.
- Jakarta:Raja Grafindo Persada.
- Mulyana, Dedy. 2004.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja
- Rosdakarya.
- Munis,H.W. 2002.Sastra Indonesia, Bandung:Rosdakarya.
- Nata, Abudin. 2010.Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.
- Ramayulis. 2006.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Kalam Mulia.
- Ramayulis. 2008.Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam
- Mulia.
- Roqib, Muhammad. 2009.Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan
- Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat,
- Yogyakarta: LKiS.
- Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif
- Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Uhbiyati, Nur &Abu Ahmadi.2006.Ilmu Pendidikan Cetakan ke II. Jakarta:
- Rineka Cipta.
References
DAFTAR PUSTAKA
Albab, Hayyan Ahmad Ulul. 2015. “Problematika Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Bagi Siswa Autis (studi kasus di SMA Galuh Handayani
Surabaya)â€. Tesis.Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
Surabaya.
Anjani, Dian & Abdul Majid. 2005.Pendidikan Agama Islam Berbasis
Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Arifin, Muzayyin. 2003.Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi
Aksara.
Depertemen Pendidikan Nasional.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia
edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.
Drajad, Zakiyah. 2001.Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi
Aksara.
Gunawan, Imam. 2015.Metodologi Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik.
Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2008.Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Qomrudin, dkk. 2009.Mereka Berbicara Pendidikan Islam. Sebuah
Bunga Rampai, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Ikhwani.2017. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Solusi yang dilakukan Sekolah dan Guru PAI di SMA N Takalarâ€.
Skripsi.Sarjana UIN Alaudin Makasar.
Kholidah, Lilik Nur & Ahmad Munjin Nasih. 2009.Metode dan Teknik
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Refika Aditama,
Lias,Hasibuan. 2010.Kurikulum & Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gedung
Persada.
Margono, S. 2010.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 26
Muallimah.2014. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMA Negeri 3 Medanâ€. Tesis.Pascasarjana Institut Agama Islam
Negeri Sumatera Utara Medan.
Muhaimin. 2007.Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.
Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Mulyana, Dedy. 2004.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Munis,H.W. 2002.Sastra Indonesia, Bandung:Rosdakarya.
Nata, Abudin. 2010.Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.
Ramayulis. 2006.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Kalam Mulia.
Ramayulis. 2008.Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam
Mulia.
Roqib, Muhammad. 2009.Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan
Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat,
Yogyakarta: LKiS.
Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uhbiyati, Nur &Abu Ahmadi.2006.Ilmu Pendidikan Cetakan ke II. Jakarta:
Rineka Cipta.