Main Article Content
Abstract
Implementation of education that is very instant and commercial can
damage the process of character building of the nation so that in the long
term make education not as a means of social reconstruction but social
deconstruction. It is necessary that there is a long process in learning so there
is no moral decadence. The concept ofá¹Å«luaz-zamÄn in the Ta‘lÄ«m alMuta‘allim according to Az-Zarnuji is very important as a terms of studying.
Az-Zarnuji combines á¹Å«luaz-zamÄn with żaka' (intelligent), ḥirá¹£in,
(willingness), iá¹£á¹ibÄrin (patient), bulgatin (money) and irsyÄdiustÄżin
(teacher guidance) as an inseparable entity to produce learners qualified and
able to understand about the process of seeking knowledge both formal,
informal and nonformal. Ṭūluaz-zamÄn is important for students to cultivate
blessings but must be accompanied by khidmah (devotion), ta'allum
(learning) and ta'alluq bi syaikh (relationship with the teacher).
Kata Kunci: Ṭūlu az-zamÄn , Ta‘lÄ«m al-Muta‘allim, Az-Zarnuji
Abstrak
Penyelenggaraan lembaga pendidikan yang sangat instan dan
komersial dapat merusak proses pembentukan karakter bangsa sehingga
dalam jangka panjang menjadikan pendidikan bukan sebagai sarana
rekonstruksi sosial tapi dekonstruksi sosial. Proses pendidikan yang lama
dalam menimba ilmu sangat penting agar tidak terjadi dekadensi moral.
Konsepá¹Å«lu az-zamÄn dalam kitab Ta‘lÄ«m al-Muta‘allim menurut Az-Zarnuji
sangat penting sebagai syarat menuntut ilmu. Az-Zarnuji
mengkombinasikaná¹Å«lu az-zamÄn dengan żaka’ (cerdas), ḥirá¹£in, (kemauan),
iá¹£á¹ibÄrin (sabar), bulgatin (ada uang) dan irsyÄdi ustÄżin (bimbingan guru)
sebagai satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan untuk menghasilkan peserta
didik yang berkualitas dan mampu memahami tentang proses mencari ilmu
baik formal, informal maupun nonformal. Tulu az-zaman itu penting bagi
santri untuk menumbuhkan berkah namun harus di sertai dengankhidmah
(pengabdian), ta’allum (belajar) dan ta’alluq bi syaikh (hubungan dengan
kyai).
Kata Kunci: Ṭūluaz-zamÄn,Ta‘lÄ«m al-Muta‘allim, Az-Zarnuji
Article Details
References
- DAFAR PUSTAKAJurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
- PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 84
- Abdurrahman, Moeslim. Islam Transformatif. Jakarta: Pustaka Firdaus.
- Ahmad, Muhammad Abdul Qair. Ta’alim Muta’allim: al-Mursyid Al-Amin fi
- al-Tarbiyah al-Banat wa al-Banin. Kairo: Maktabah al-Qur’an. 1986.
- Al-A’zami, M.M. Sejarah Teks al-Qur’an: dari Wahyu Sampai Kompilasi.
- Jakarta: Gema Insani Press. 2005.
- Al-Baihaqi. Syu’ab al-Iman. Al-Maktabah asy-Syamilah.
- Al-GazÄli. MÄ«zÄn al-amal. Al-Maktabah asy-SyÄmilah.
- Al-Santawi, Ahmad. Dairah al-Ma’arif al-Islamiyah. Beirut: Lajnah
- Tarjamah. 1933.
- Az-Zarnuji. Ta’līm al-Muta’allim. Semarang: Toha Putra. tt.
- Ghafur, Waryono Abdul. Tafsir Sosial. Yogyakarta: eLSAQ Press. 2005.
- Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
- Ibrahim. Ta‘līm al-Muta‘alim. Semarang: Toha Putra. tt.
- Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka
- Pelajar. 2015.
- Irham, Masturi. Sistematika Kodifikasi Hadis Nabi Dari Tinjauan Sejarah.
- Kudus. Addin. Vol. 7, No. 2. Agustus 2013.
- Jayana, Thoriq Aziz. Meneladani Semut dan Lebah: Mencari Makna
- Tersirat di Balik Makhluk Ciptaan Allah. Jakarta: Elex Media
- Komputindo. 2015.
- Khadijah. Ulumul Hadis. Medan: Perdana Publishing. 2011.
- Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa dan Psikologi
- dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna. 1989.
- Lengrand, Paul. Pengantar Pendidikan Sepanjang Hayat. Terj. Lembaga
- Studi Ilmu-ilmu Kemasyarakatan.Jakarta: Haji Masagung. 1989.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
- PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 85
- Masduki, Yusron. Sejarah Turunnya Al-Qur’an Penuh Fenomenal (Muatan
- Nilai-Nilai Psikologi Dalam Pendidikan). Palembang. Medina-Te.
- Vol.16, NO.1, Juni 2017.
- Muhammad bin Idris. Diwan Imam asy-Syafi’i. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
- Mustaqim, Imam. Asas Tut Wuri Handayani.
- https://imammalik11.wordpress.com/2011/11/18/asas-tut-wuri-handayani/ di
- unduh pada tanggal 7 Januari 2018.
- Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Rizal, H. Samsul. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.
- Salah satu dewan Pembina sekaligus pengasuh pondok pesantren Asma’
- Chusna
- Salam, Burhanuddin. Pengantar Paedagogik: Dasar-dasar Ilmu Mendidik.
- Jakarta: Rineka Cipta. 1997.
- Santrock, John W. Educational Psycology. Terj. Tri Wibowo BS. Jakarta:
- Prenadamedia Group. 2007.
- Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur’an: Fungsi Peran Wahyu dalam
- Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan. 2013.
- Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik atas Pelbagai
- Persoalan Umat. Bandung: Mizan. 2013.
- Sya’roni, Sam’ani. Tafkirah Ulum al-Qur’an. Pekalongan: Al-Ghotasi Putra.
- Syamsuddin, Muhammad. Tasliyyatu ahl al-Masa’ib. Maktabah asySyamilah.
- Lutfiyah, Hanik Yuni. Teori Belajar dalam Ta’lim al-Muta’allim. Jurnal
- Pendidikan Agama Islam. Volume 01, Nomor 01, Mei 2013.
- Tholhah, Imam dan Ahmad Barizi. Membuka Jendela Pendidikan Mengurai
- Akar Tradisi dan Interaksi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja
- Grafindo Persada. 2004.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
- PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 86
- Wawancara dengan KH. Achmad Mukhlish Chasani sebagai Pengasuh
- utama Pondok Pesantren Asma’ Chusn pada hari Kamis, 21 Desember
- di rumah beliau.
- Yuslem, Nawir. Ulumul hadis. Jakarta: Mutiara Sumber Widya. 2001.
References
DAFAR PUSTAKAJurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 84
Abdurrahman, Moeslim. Islam Transformatif. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Ahmad, Muhammad Abdul Qair. Ta’alim Muta’allim: al-Mursyid Al-Amin fi
al-Tarbiyah al-Banat wa al-Banin. Kairo: Maktabah al-Qur’an. 1986.
Al-A’zami, M.M. Sejarah Teks al-Qur’an: dari Wahyu Sampai Kompilasi.
Jakarta: Gema Insani Press. 2005.
Al-Baihaqi. Syu’ab al-Iman. Al-Maktabah asy-Syamilah.
Al-GazÄli. MÄ«zÄn al-amal. Al-Maktabah asy-SyÄmilah.
Al-Santawi, Ahmad. Dairah al-Ma’arif al-Islamiyah. Beirut: Lajnah
Tarjamah. 1933.
Az-Zarnuji. Ta’līm al-Muta’allim. Semarang: Toha Putra. tt.
Ghafur, Waryono Abdul. Tafsir Sosial. Yogyakarta: eLSAQ Press. 2005.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Ibrahim. Ta‘līm al-Muta‘alim. Semarang: Toha Putra. tt.
Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar. 2015.
Irham, Masturi. Sistematika Kodifikasi Hadis Nabi Dari Tinjauan Sejarah.
Kudus. Addin. Vol. 7, No. 2. Agustus 2013.
Jayana, Thoriq Aziz. Meneladani Semut dan Lebah: Mencari Makna
Tersirat di Balik Makhluk Ciptaan Allah. Jakarta: Elex Media
Komputindo. 2015.
Khadijah. Ulumul Hadis. Medan: Perdana Publishing. 2011.
Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa dan Psikologi
dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna. 1989.
Lengrand, Paul. Pengantar Pendidikan Sepanjang Hayat. Terj. Lembaga
Studi Ilmu-ilmu Kemasyarakatan.Jakarta: Haji Masagung. 1989.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 85
Masduki, Yusron. Sejarah Turunnya Al-Qur’an Penuh Fenomenal (Muatan
Nilai-Nilai Psikologi Dalam Pendidikan). Palembang. Medina-Te.
Vol.16, NO.1, Juni 2017.
Muhammad bin Idris. Diwan Imam asy-Syafi’i. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
Mustaqim, Imam. Asas Tut Wuri Handayani.
https://imammalik11.wordpress.com/2011/11/18/asas-tut-wuri-handayani/ di
unduh pada tanggal 7 Januari 2018.
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rizal, H. Samsul. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.
Salah satu dewan Pembina sekaligus pengasuh pondok pesantren Asma’
Chusna
Salam, Burhanuddin. Pengantar Paedagogik: Dasar-dasar Ilmu Mendidik.
Jakarta: Rineka Cipta. 1997.
Santrock, John W. Educational Psycology. Terj. Tri Wibowo BS. Jakarta:
Prenadamedia Group. 2007.
Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur’an: Fungsi Peran Wahyu dalam
Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan. 2013.
Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik atas Pelbagai
Persoalan Umat. Bandung: Mizan. 2013.
Sya’roni, Sam’ani. Tafkirah Ulum al-Qur’an. Pekalongan: Al-Ghotasi Putra.
Syamsuddin, Muhammad. Tasliyyatu ahl al-Masa’ib. Maktabah asySyamilah.
Lutfiyah, Hanik Yuni. Teori Belajar dalam Ta’lim al-Muta’allim. Jurnal
Pendidikan Agama Islam. Volume 01, Nomor 01, Mei 2013.
Tholhah, Imam dan Ahmad Barizi. Membuka Jendela Pendidikan Mengurai
Akar Tradisi dan Interaksi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja
Grafindo Persada. 2004.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 86
Wawancara dengan KH. Achmad Mukhlish Chasani sebagai Pengasuh
utama Pondok Pesantren Asma’ Chusn pada hari Kamis, 21 Desember
di rumah beliau.
Yuslem, Nawir. Ulumul hadis. Jakarta: Mutiara Sumber Widya. 2001.