Main Article Content

Abstract

Abstrac
Indonesia is a multicultural and multireligious country. Therefore, it is
necessary to study the development model of religion that emphasizes the
learning model with the overriding goal of combating violence, poverty,
corruption, manipulation and the like. Many events anarchism (hardness)
and terrorism in the name of Islam, invite the questions that it is true that
Islam as a religion rahmatanlil 'alamin. For these conditions, the concept of
Islamic education-based pluralist-multicultural is an offer that is absolutely
necessary, in order to create conditions more progressive in terms of
tolerance.
Keywords: Islamic Education, Pluralist-Multicultural, Anarchism.
Abstrak
Indonesia merupakan negara dan bangsa yang multikultural dan
multireligius, oleh sebab itu perlu adanya model pengembangan
pembelajaran agama yang menekankan kepada model pembelajaran dengan
tujuan utama yaitu memerangi kekerasan, kemiskinan, korupsi, manipulasi
dan sejenisnya. Merebaknya peristiwa anarkisme (kekerasan) dan terorisme
yang mengatasnamakan Islam, mengundang pertanyaan benarkah Islam
sebagai agamarahmatan lil ‘alamin. Untuk kondisi tersebut, kosep
pendidikan Islam berbasis pluralis-multikultural merupakan tawaran yang
mutlak perlu, supaya tercipta kondisi yang lebih progesif dalam artian
toleransi.
Kata kunci: Pendidikan Islam, Pluralis-Multikultural, Anarkisme.

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Al-Qur’an Departemen Agama
  3. Angwarmase, Aris. 2009. “Mencari Landasan Pluralisme,†dalam Prospek
  4. Pluralisme Agama, Yogyakarta: Interfidie.
  5. Arif, Mahmud. 2012. “Pendidikan Agama Islam Inklusif-Multikultural,â€
  6. dalam Jurnal Pendidikan Islam, Volume 1, Nomor 1.
  7. Baidhawy, Zakiyuddin. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan
  8. Multikultural, Jakarta: Erlangga.
  9. Effendi, Djohan. 2009. Islam dan Pluralisme Agama, Yogyakarta: Interfidie.
  10. Ghazali, Abd. Muqsid. 2009. Argumen Pluralisme Dalam Al-Qur’an, Jakarta:
  11. Kartika.
  12. Hidayati, Nurul. 2016. “Konsep Pendidikan Islam Berwawasan
  13. Multikulturalisme,†Dalam Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4
  14. Nomor 1.
  15. Maufur. 2012. “Islam Sebagai Rahmatan Lil-‘Alamin,†dalam Jurnal
  16. Kawistara, Volume 2. Nomor 1.
  17. Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural,
  18. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
  19. Nuryatno, M. Agus. 2011, “Islamic Education in a Pluralistic Society,â€
  20. dalam Journal Al-Jamiah Vol. 43, Nomor 2.
  21. Sirait, Sangkot. 2010. “Landasan Normatif Dalam Pendidikan Islam
  22. Multikultural,†dalam Antologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Idea
  23. Press.
  24. Syam, Nur. 2012. Membangun Pendidikan Berbasis Islam Rahmatan lil –
  25. ‘Alamin, PPT. http//www.Nursyam.uinsby.ac.id. 2010. Dalam google
  26. diakses tanggal 07 November 2016 pukul 11.00.
  27. Tilaar, H. A. R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: PT
  28. Rineka Cipta.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
  29. PROGRESS –Volume 6, No. 2, Desember 2018 113
  30. Tobroni, Dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, HAM, Civil
  31. Society, dan Multikulturalisme, Malang : Pusapom.
  32. Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pilar Media.