Main Article Content

Abstract

Abstrak
Tulisan ini bertujuan untuk menguraikan nilai-nilai pendidikan tauhid Imam Ahmad bin Hanbal. Hal ini dilakukan karena selama ini Imam Ahmad bin Hambal lebih popular sebagai ulama Hadits dan atau ulama fiqih. Di sisi lain proses pendidikan yang dialami dan terima oleh Imam ahmad bin Hanbal jarang terungkap dalam kajian secara khusus termasuk kajian tentang nilai-nilai pendidikan tauhidnya. Peneliti melakukan kajian kualitatif pustaka terhadap berbagai literatur yang berkaitan dengan nilai-nilai Pendidikan Tauhid dan dihubungkan dengan Imam Ahmad bin Hambal. Berdasarkan analisis deskriptif yang dilakukan ditemukan hasil bahwa bahwasannya pendidikan tauhid merupakan proses penanaman ketauhidan atas keesaan Allah SWT. Ini penting untuk ditanamkan kepada manusia khususnya umat Islam dari sejak dini sekalipun. Imam Ahmad bin Hanbal sebagai salah satu ulama fiqh memiliki pendapat yang tidak jauh berbeda dengan ulama fiqih lainnya tentang tauhid dan nilai-nilai pendidikan tauhid. Hal ini dipertegas dalam peryataannya yaitu beriman hanya kepada Allah SWT, yakin atas keesaan Allah dan Allah pencipta alam semesta, serta percaya akan nama-nama dan sifat-sifat Allah SWT yang ada di dalam Al-Qur’an. Nilai-nilai pendidikan tauhid Imam Ahmad bin Hanbal dapat dikelommpokkan menjadi tiga nilai utama yaitu: nilai-nilai perilaku seorang muslim dalam hubungannnya kepada Allah SWT, diri sendiri dan kepada sesama manusia.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Tauhid, Imam Ahmad bin Hambal

Abstract
This paper aims to describe the values of tauhid education from the perspective of Imam Ahmad bin Hanbal. This is done because during this time Imam Ahmad bin Hambal is more popular as a scholar of Hadith and / or scholar of fiqh. On the other hand, the educational process experienced and received by Imam Ahmad bin Hanbal is rarely revealed in specific studies including studies on the values of his tawhid education. The researcher conducted a qualitative literature review of various literatures related to the values of Tawheed Education and associated with Imam Ahmad bin Hambal. Based on the descriptive analysis carried out, it was found that tauhid education is a process of cultivating monotheism on the oneness of Allah SWT. This is important to instill in humans, especially Muslims from an early age. Imam Ahmad bin Hanbal as one of the scholars of fiqh has an opinion that is not much different from other fiqh scholars about tawhid and the values of tawhid education. This is emphasized in his statement, namely believing only in Allah SWT, believing in the oneness of Allah and Allah who is the creator of the universe, and believing in the names and attributes of Allah SWT that are in the Al-Quran. The values of Imam Ahmad bin Hanbal's monotheistic education can be grouped into three main values, namely: the values of the behavior of a Muslim in relation to Allah SWT, himself and to fellow humans.
Keywords: Educational Values, Tawheed, Imam Ahmad bin Hambal

Keywords

Educational Values Tawheed Imam Ahmad bin Hambal

Article Details

References

  1. Abd. Majid, Pendidikan Berbasis Ketuhanan Membangun Manusia Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014
  2. Abdul Aziz Asy-Syinawi, Biografi Empat Imam Mazhab, Jakarta: Ummul Qura, Cet. 1, 2017
  3. Abdul Aziz bin Muhammad Alu Abdul Latif, Pelajaran Tauhid untuk Pemula, Jakarta: Darul Haq, 2008
  4. Abdul Jabbar Adlan, et.all., Teks Book, Dirosat Islamiyah, Pengantar Ilmu Tauhid dan Pemikiran Islam, Surabaya: Aneka Bahagia, 1995
  5. Abdul Karim, Manhaj Imam Ahmad ibn Hanbal dalam Kitab Musnad, RIWAYAH, Vol. 1, No.2, September 2015, 352. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/riwayah/issue/view/170
  6. Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Rosda, 2013
  7. Abdul Rozak dan Rosihan Anwar, Ilmu Kalam, Bandung: Pustaka Setia, 2012
  8. Abdul Wahab Khallaf, Ilmu Usul Fiqh, Terj. Hallmudin, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. 5, 2005
  9. Abdurrahman Asy-Syarqowi, A’immah al-Fiqh al-Tis’ah, Terj. M. Hamid al-Husaini, Riwayat Sembilan Imam Fiqih, Bandung: Pustaka Hidayah, Cet. 1, 2000
  10. Abdurrahman at-Tamimi, al-Mathlub al-Hamid fi Bayani Maqasid at-Tauhid, Yogyakarta: Darul Hidayah, 1991
  11. Abu A’la al Maududi, Prinsip-prinsip Islam, Terj, Abdullah Suhaili, Bandung: al Ma’arif, 1975
  12. Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 2013
  13. Abu Ahmadi, Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2015
  14. Abu Razin dan Nur Fajri Ramadhan, Pokok Akidah Ahlussunah – Imam Ahmad bin Hanbal (dengan Pendekatan Nahwu dan Sharaf), Depok: BISA, Peserta Cet. 1, 2016, 7
  15. Achmad Sanusi, Sistem Nilai Alternatif Wajah-wajah Pendidikan, Bandung: Nuansa Cendikia, 2017
  16. Ade Imelda Frimayanti, Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agama Islam, al Tadzkiyah jurnal Pendidikan Islam, Vol 6, November 2015
  17. Ahmad Asy-Syurbasy, al-Aimmah al-Arba’ah, Terj., Futuhul Arifin, 4 Mutiara Zaman Biografi Empat Imam Mazhab, Jakarta: Pustaka Qalani, Cet. 1, 2003
  18. Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi jasmani, Rohani dan Kalbu, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010
  19. Al-Fatih Suryadilaga (ed), Studi Kitab-kitab Hadits, Yogyakarta: Teras, Cet.1, 2003
  20. Asy Syaikh Fauzan, al-Qoulul Mufid Penjelasan tentang Tauhid, Bandung: Darul Ilmi, 2006
  21. Asy Syaikh Muhammad, Al Qoulul Mufid Penjelasan tetang Tauhid, Bandung: Darul Ilmi, 2006
  22. Choirul Anwar, Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjuan Filosofis, Yogyakarta: Pustaka Setia, 2014
  23. Departemen Agama RI, Mushaf AL-Qur’an Terjemah, Banadung: Diponegoro, 2014
  24. Departemen Agama RI, Musnaf Al-Qur‟an Terjemah, Bandung: Diponegoro, 2014
  25. Harun Nasution, Akal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta UI Press, 2011
  26. Harun Nasution, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran, Jakarta: Mizan, 1996
  27. Heri Gunawan, Penddikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
  28. Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2015
  29. Ibnu Khaldun, Muqoddimah, Terj. Ahmadie Thoha, Jakarta: Cet. 1, 1986
  30. Imam Al Ghazali , Ringkasan Ihya’ Ulumuddin, Jakarta: Pustaka Amani, 2009
  31. Imam Munawwir, Mengenal Pribadi 30 Pendekar dan Pemikir Islam dari Masa ke Masa, Surabaya: PT. Bina Ilmu, Cet. 1, 1985
  32. Imam Syafe’i, Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter, Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No 1, November 2017
  33. Ismail Raji al-Faruqi, Tauhid, Terj., Rahmani Astuti, Bandung: Pustaka, Cet. 1, 1988.
  34. Jaih Mubarok, Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 2, 2000
  35. Karsadi, Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Membangun Karakter Bangsa, Kendari, Unhalupress, 2011
  36. Kementerian Agama RI, Mushaf al-Qur’an Terjemah, 2009
  37. M Hamdani, Pendidikan Ketuhanan dalam Islam, Muhammadiyah University Press, 2013
  38. M Hamdani, Pendidikan Ketuhanan dalam Islam, Surakarta: UMS Press, 2013
  39. M Yusran Asmuni dari Tim Penyusun Kamus, kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen P&K 1989, dalam Ilmu Tauhid, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993
  40. M. Mahbudi, Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2012
  41. M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur‟an, Bandung: Mizan, 2015
  42. Marzuki, Ahmad bin Hanbal (Pemikiran Fikih dan Ushul Fikihnya), Jurnal Hunafa, Vol. 2, No. Agustus 2005, 107-118. https://www.jurnalhunafa.org/index.php/hunafa
  43. Mohmmad Ahmad dan Mudzakir, Ulumul Hadits, Bandung: CV. Pustaka Setia, Cet. 2, 2000
  44. Muhammad Taqi Misbah Yazid, Filsafat Tauhid, Terj., M. Ha bin Wicaksana, Bandung : Mizan 2003
  45. Muhammad Zuhri, Hukum Islam dalam Lintasan Sejarah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet. 2, 1997
  46. Muhmideyali, Filsafat Pendidikan, Bandung: Refika Aditama, 2013
  47. Mulyono dan bashori, Studi Ilmu Tauhid / Kalam, Malang: UIN Maliki Press, 2010
  48. Qiqi Yuliati Zakiyah dan A Rusdina, Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Pustaka Setia, 2014.
  49. Rohmat Mulyana, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2011
  50. Sahilun Nasir, Pemikiran Kalam, Teologi Islam: Sejarah, Ajaran dan Perkembangannya, Jakarta: Rajawali, 2010
  51. Shalih bin Fauzan, Kitab Tauhid Juz I, Jakarta: Darul Haq, 2009
  52. Shalih, Kitab tauhid I, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2001
  53. Syahrizal Afandi, Kajian Hadits Jibril dalam Persepektif Pendidikan (Kajian Materi Pembelajaran dan Metode Pembelajaran), Jurnal Penelitian KeIslaman, Vol. 15, No.1, 2019, 30-31. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/article/view/525
  54. Yusuf al-Qaradhawi, Akidah Salaf dan Kholaf, Jakarta: Pustaka al Kausar, 2006
  55. Zainuddin, Ilmu tauhid Lengkap, Jakarta: Rineka Cipta, 2015
  56. Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2012