Main Article Content

Abstract

Abstract

The purpose of this study was to determine the implementation of intellectual development programs for students in the dormitory of MAN 2 Boyolali. This research used a qualitative descriptive approach which was conducted in March-June 2017 at the MAN 2 Boyolali Dormitory. Collecting data using the method of observation, interviews and documentation. The results of this study can be concluded as follows: (1) The implementation of the intellectual development program is carried out for boarding students of MAN 2 Boyolali. (2) Types of intellectual development programs: Foreign language development through Muhadhoroh, FTMP, General Sciences. (3) Using modern constructivist intellectual development methods, CTL, GLC, in addition to modern methods equipped with modern media to keep up with the times and supporting infrastructure (4) For example, at FTMP, students are asked to find and present a short story, and make short stories , making articles, opinions, editing a work, then exposing it on the internet and looking for many who comment or comment, write poetry, fiction and non-fiction, what stands out is scientific writing, until students in the dormitory win the writing of high school level scientific papers in Boyolali district. So that students in the dormitory in carrying out scientific papers are not so difficult. The implementation of intellectual development programs for students in dormitories has a positive effect on MAN 2 Boyolali.

Keywords : Intellectual Development Program, Students, Dormitories

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pengembangan intelektual bagi siswa di asrama MAN 2 Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan maret-juni 2017 di Asrama MAN 2 Boyolali. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan program pengembangan intelektual dilaksanakan untuk siswa asrama MAN 2 Boyolali. (2) Jenis-jenis program pengembangan intelektual: Pengembangan Bahasa asing melalui muhadhoroh, FTMP, Ilmu Umum. (3) Menggunakan metode pengembangan intelektual secara modern konstruktivisme, CTL, GLC, selain metode modern dilengkapi dengan media yang modern demi mengikuti perkembangan zaman dan sarana prasarana yang mendukung (4) Misalkan pada FTMP, siswa disuruh mencari dan mempresentasikan suatu cerpen, dan membuat cerpen, membuat artikel, opini, mengedit suatu karya, lalu mengekspos di internet dan mencari banyak yang mengkomen atau mengelike, menulis puisi, fiksi dan non fiksi, yang menonjol adalah karya tulis ilmiah, hingga siswa di asrama menjuarai penulisan karya ilmiah tingkat SMA satu kabupaten Boyolali. Sehingga siswa di asrama dalam mengerjalan karya tulis ilmiah tak begitu kesulitan. Pelaksanaan program pengembangan intelektual bagi siswa di asrama berpengaruh positif untuk MAN 2 Boyolali.

Kata kunci : Program Pengembangan Intelektual, Siswa, Asrama

Keywords

Program Pengembangan Intelektual Siswa Asrama Intellectual Development Program Students Dormitories

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Abdullah, Idi., Sosiologi Pendidikan (Individu, Masyarakat, dan Pendidikan), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011
  3. Afrizal, Dimas dan Maulana, Aslich, “Implementasi Kegiatan Muhadhorohdalam Menumbuhkan Life Skillsiswa Smk Muhammadiyah 2 Gresikâ€, Tamaddun, Vol. 19, No. 1, Januari 2018
  4. Ali, Hery Noer., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999
  5. Anwar, Saiful., Metode Penelitian, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2011
  6. Bafadhol, Ibrahim, “ Lembaga Pendidikan Islam di Indonesiaâ€, Edukasi
  7. Islami, Vol. 6, No. 11, Januari 2017
  8. Ichsan, Muhammad, “ Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajarâ€, Jurnal
  9. Edukasi, Vol. 2, No. 1, Januari 2016
  10. Musthofa, Bisma Fajar. Suroto, Widi.Yuliarso, Hari, “Asrama Mahasiswa di
  11. Numiek,
  12. Surakarta (dengan Pendekatan Arsitektur Eko-Kultur Sebagai Solusi Hunian Sementara)â€, Jurnal Senthong, Vol. 2, No. 1, Januari 2019
  13. Sulistyo, “Keefektifan E-Learningsebagai Media Pembelajaran(Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learningsmk Telkom Sandhy Putra Purwokerto)â€, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, No. 1, Desember 2013
  14. Nurkholis, “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologiâ€, Jurnal Kependidikan, Vol. 1, No. 1, November 2013
  15. Rochmad, “Aktualisasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islamâ€, Progress, Vol. 8, No. 1, Juni 2020
  16. Rukianti, Enung K., Sejarah Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia, 2006
  17. Sarah, Fatmi, “Kebebasan Intelektual di Perpustakaan†, Jurnal Perpustakaan dan Informasi, Vol. 9, No. 9, Oktober 2015
  18. Setiawan, Irfan., Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik pada Institusi Berasrama, Yogyakarta: CV Writing Evolution, 2003
  19. Sihono, Teguh, “Contextual Teaching And Learning (Ctl) Sebagai Model Pembelajaran Ekonomi Dalam Kbkâ€, Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Februari 2004
  20. Suarni, Ni Ketut., Metode Pengembangan Intelektual, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014
  21. Sudjana, Djuju., Evaluasi Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
  22. Sugiyono., Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012
  23. Usman, Basyiruddin., Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
  24. Wiryokusumo, Iskandar., Dasar-dasar pengembangan kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.