Main Article Content

Abstract

Abstract

In the global economy, ethnic Chinese entrepreneurship strategy is one of the concepts of a mature economy. In fact, china is now one of the largest economic powers in the World. No wonder indonesia has a direct influence on the economic impact of China. One of the effects is that the majority of indonesia's growing economy is controlled by ethnic Chinese. Therefore, it is necessary to look at the entrepreneurial benefits carried out by ethnic Chinese who convert to Islam.

Keywords: Entrepreneurship, Chinese, Islam


Abstrak

Dalam ekonomi global, strategi kewirausahaan etnis Tionghoa merupakan salah satu konsep perekonomian yang sudah matang. Bahkan, kini negara China merupakan salah satu kekuatan ekonomi terbesar di Dunia. Tak heran jika negara Indonesia mendapat pengaruh secara langsung dampak perekonomian dari China. Salah satu dampaknya adalah mayoritas perekonomian yang berkembang di Indonesia dikuasai oleh etnis Tionghoa. Untuk itu, perlu kiranya melihat khasanah kewirausahaan yang dilakukan oleh etnis Tionghoa yang memeluk agama Islam.

Kata kunci: Kewirausahaan, Tionghoa, Islam

Keywords

Kewirausahaan Tionghoa Islam Entrepreneurship Chinese

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Eman iSuherman, iDesain iPembelajaran iKewirausahaan, iBandung: iAlfabeta. i2008.
  3. I.wibowo idan iThung iJu iLan, iSetelah iAir iMata iKering; iMasyarakt iTiong iHoa iPasca iMei i1998, iJakarta: iKompas. i2010.
  4. Ismail iYusanto, iMuhammad, idan iM. iKarebet iWidjajakusuma, iMenggagas iBisnisiIslami, Jakarta:iGemaiInsaniiPress,i2002.
  5. Kasmir,iKewirausahaan,iJakarta;iPTiRajaiGrafindoiPersada, 2009. Qaradhawi, iYusuf, Daurul iQiyam iwal iAkhlaq ifil iIqtishadil iIslami, Kairo:
  6. Maktabah iWahbah, i1995.
  7. iShihab, Quraish, TafsiriAl-Mishbah:iVol.i10, Jakarta:iLenteraiHati,i2002. Suara imerdeka, iIslam-China iDi iPesantren iMutiara, iSemarang: iSuara
  8. iMerdekai19iFebruari, 2012.i
  9. Subur, iIslam iDan iMental iKewirausahaan, iJurnal iInsania, iPurwokerto: iSTAINipress, 2007.
  10. Suryana, iKewirausahaan; iPedoman iPraktis iKiat iDan iSukses iMenuju iProses, iJakarta; iSalemba iEmpat, 2009.
  11. Tan iTa iSen, iCheng iHo, Penyebar iIslam idari iChina ike iNusantara, Jakarta: iKompas, 2010.
  12. Yuanzhi ikong, icheng iho; imuslim itionghoa, iJakarta; iYayasan iPustaka iObar iIndonesia, 2011.
  13. Muhammad Yunus, Bisnis Sosial; Sistem Kapitalisme Baru yang memihak kaum Miskin, Jakarta: Gramedia, 2012.
  14. Walter iA. iFeirservis, iJr, iAsal-Asul iPeradaban iOrang-Orang iJawa iDan iTionghoa,iSurabaya:iSelasar, 2009.