Main Article Content

Abstract

KONTRIBUSI PEMIKIRAN TAN MALAKA TENTANG KONSEP PENDIDIKAN KERAKYATAN DENGAN WAJAH PENDIDIKAN INDONESIA ERA MILENIAL Oleh Kholfan Zubair Taqo Sidqi Dosen FAI Unwahas Semarang (akha.sidqi@gmail.com) Abstrak Konsep Pendidikan kerakyatan yang diusung oleh Tan Malaka dengan mengedepankan kearifan lokal, membekali anak didik dengan keterampilan nyata agar berguna bagi bangsanya. Apalagi Pendidikan yang mampu menjangkau segenap lapisan masyarakat, seiring dengan tujuan dasar negara Indonesia. Pendidikan yang mendesain sekolah sebagai keluarga, agaknya mampu memperjelas tugas seorang guru sebagai Pendidik. Anak didik juga dipacu tidak sekedar masalah akademik belaka, namun aspek rohaniah nya mampu dikembangkan secara seimbang. Melalui Pendidikan kerakyatan, mampu memanusiakan pendidik dan anak didik, segenap warga sekolah mampu bergotong royong demi mewujudkan ambisi bangsa, serta mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia. Apabila fenomena Pendidikan era milenial kini keluar dari apa yang di cita-citakan para pendiri negara Indonesia, konsep Pendidikan kerakyatan mampu memberikan kontribusi sebagai Pendidikan yang mengembalikan marwah cita – cita luhur bangsa. Kata kunci; Tan Malaka, sekolah kerakyatan, dan Pendidikan Indonesia era milenial. Abstract The concept of populist education promoted by Tan Malaka emphasizes local wisdom, equipping students with real skills to be useful for their nation. Moreover, capable education reach all levels of society, in line with the basic objectives of the Indonesian state. Education that designs schools as families, seems to be able to clarify the duties of a teacher as an educator. Protege too it is not only an academic problem, but its spiritual aspects can be developed in a balanced manner. Through populist education, able to humanize educators and students, all school members are able to work together to create the nation's ambition, as well as uplifting the dignity of the Indonesian nation. If the phenomenon of millennial era education is now out of what is being desired The aspirations of the founders of the Indonesian state, the concept of populist education is able to contribute as education that returns the noble ideals of the nation. Keywords; Tan Malaka, populist education, and Indonesian education in the millennial era.

Article Details